Rabu, Desember 14, 2011

Gudeg Koyor Mbak Tum

Selama ini jika tugas di Semarang aku biasa menginap di Hotel Merbabu kawasan jalan Pemuda. Tapi minggu lalu terpaksa pindah ke hotel  Muria kawasan jalan Dr. Cipto karena Merbabu penuh. Sebenarnya menginap di kawasan Dr.Cipto enak. Sayangnya agak merepotkan buat yang tak membawa kendaraan pribadi sepertiku karena harus naik kendaraan umum kemana-mana. Mana jalannya searah lagi.

Sore itu kebetulan aku mesti ambil atm. Karena bingung aku naik angkot jurusan Banyumanik. Rencana semula mau turun Java Mall. Tapi daripada kejauhan aku turun di depan SriRatu Peterongan. Sehabis ambil uang di ATM di depan Sri ratu mall, Aku bermaksud langsung balik ke hotel. Langsung aku menyeberang jalan hendak naik angkot lagi. Tapi mataku tertuju ke sebuah warung kaki lima yang pernuh dengan pembeli. Nasi Gudeg Koyor Mbak Tum. Aku jadi ingat perutku dari siang belum kuisi sehingga langsung masuk ke tempat ini.


Aku memilih duduk di kursi meski jika beramai-ramai mending duduk lesehan. Kulihat berbagai menu makanan yang tersedia membuataku tambah lapar. Ada gudeg, opor ayam, koyor, babat goreng,ayam goreng, telur bacem, pete dan sebagainya. Akupun memesan nasi gudeg koyor. Hanya sebentar menunggu makanan siap dihidangkan ke depanku. Astaganaga, banyak sekali. Nasi gudeg dengan sedikit kuah opor dan koyor masak coklat. Membuatku tak sabar untuk menyantap. Ternyata oh ternyata sangat enaaaak sekali.

Gudegnya tipikal gudeg basah mirip gudeg solo. Rasanya enak, tak terlalu asin ataupun manis. Koyornya sangat empuk. Sepertinya dimasak dengan bumbu cabe dan kecap. Pokoknya bumbunya meresap dan maknyus sekali. Dimakan bersama nasi dan sambal tambah sedap. Dan lebih membuatku takjub lagi saat aku harus membayar nasi gudeg koyor, es teh dan krupuk, aku cuma dikenai biaya 12500 rupiah. Haduuuh hebat oi murah sekali.

Sepertinya makanan nasi gudeg koyor ini mudah didapatkan di Semarang. Tapi jika Anda ingin mencoba nasi gudeg koyor Mbak Tum, silakan datang ke jalan Mataram/MT Haryono, sebrang Sri Ratu Peterongan Semarang. Sepertinya buka mulai sore hari hingga malam.

Tidak ada komentar: