Selasa, Januari 19, 2010

Rest Area Cikole



Tak puas hanya jalan-jalan ke Lembang saja aku melanjutkan acara piknikku. Sebenarnya aku pingin sekali keluyuran hingga ke Tangkuban Perahu. Aku penasaran ingin melihat secara dekat keindahan pemandangan gunung Tangkuban perahu. Aku coba naik kendaraan umum dari Lembang jurusan Cikole. Aku tak mau punya bayangan kendaraan ini bakal berhenti dimana. Kuikuti saja kemana perginya kendaraan itu. Ternyata sampai semua penumpang lain turun, kendaraan ini masih melaju. Melihatku belum turun sang sopir bertanya padaku, "Mau turun dimana, neng?" Aku bingung dan menjawab, "memangnya angkot ini tak sampai tangkuban perahu ya pak?"  Sang sopir langsung  menjawab, tidak, masih jauh, kalau mau ke tangkuban perahu saya bisa antar neng?" Ternyata aku tak berani nekat, aku putuskan turun di tempat itu saja sebab kendaraannya berbalik arah kembali ke Lembang. Kulihat di tempat pemberhentian itu ada tulisan Rest Area Grafika. Sepertinya ada resto, tempat makan, mushola, toilet  dan toko oleh-oleh. Tempat ini biasa untuk istirahat rombongan pelancong yang hendak atau dari gunung Tangkubanperahu atau Ciater.  Aku putuskan untuk masuk tempat itu. Berjalan menyusuri tangga menuju bagian belakang rumahmakan. Subhanallah, ternyata dibalik itu kulihat pemandangan yang indah. Jajaran hutan cemara yang hijau menyejukkan, ada kebun strawberi dengan pohon dan buah yang banyak, peternakan sapi, penangkaran rusa, rumah pohon, jembatan dengan sungai dan air terjun buatan kecil dan masih banyak lagi. Ternyata tempat ini dikelola oleh Dinas Perhutani. Makanya selain juga menyewakan rumah-rumah unik untuk penginapan, mereka juga menyediakan tempat untuk berkemah, outbond, dan berbagai permainan seperti ATV, paintball dan sebagainya. Yang jelas mengasyikkan sekali. Aku bisa memandangi semua itu secara gratis. Rasanya kerasan berlama-lama beristirahat di sini. Tak rugi meski aku tak jadi ke tangkuban perahu tapi aku bisa memotret pemandangan alam di Cikole. Kusarankan Anda mampir kesini jika lewat dari Bandung ke Ciater atau Tangkuban perahu atau sebaliknya.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mau tanya....

kalo dr jakarta kesana naik angkutan umum caranya gimana???

Mohon infokan ke : jmulyanti@yahoo.co.id

thanks yach!

Yuni Rachmi mengatakan...

Anda bisa naik kereta api Argo Prahyangan turun di stasiun kebon kawung Bandung. Dari sana Anda naik angkot warna kuning muda jurusan Lembang. Turun di perempatan sebelum perempatan pasar Lembang. Darisana Anda bisa ganti angkot warna kuning jurusan Cikole. Turun persis di depan rest area Cikole. Thanks.

kangdiar mengatakan...

dari jkt lebih dkt lwt subang drpd lwt bandung. Dari jkt di terminal bis Kampung Rambutan naik bis Warga Baru jurusan Subang- Kalijati (jurusan subang ada yg Subang - Pegaden). Dari terminal Kalijati naik elf (bis tanggung), bilang aja mau ke cikole minta turun di wisata grafika. Patokannya, dari wisata air panas Ciater tinggal lurus aja trus liat sebelah kanan (kl dr arah Bandung ada di sebelah kiri)

Anonim mengatakan...

mau tanya kalau dari cikarang ke cikole naik angkot jurusan apa dan turun dimana yah..??
mohon infonya. trims