Selasa, Januari 12, 2010

Tahu Gejrot


Tidak terasa udah beberapa hari aku di Jakarta. Kesibukan yang padat  bikin aku jarang nulis blog. Makanya kangen banget. Sekarang di sela-sela waktu luang kusempatkan mampir ke warnet dan menambah tulisan di blogku biar Anda semua tak bosan untuk mengunjungi blogku ini. Kali ini aku sengaja pingin bercerita mengenai tahu gejrot. Awalnya aku tidak mengetahui seperti apa tahu gejrot itu. Setiap kali aku berjalan-jalan di Jakarta aku sering melihat pedagang pikulan yang menjual tahu gejrot. Ada juga yang menjual tahu gejrot ini dengan membawa sepeda. Terus terang aku belum pernah membeli makanan ini di pedagang keliling itu. Mohon maaf agak takut kalau kurang higienis. Yang kutahu Tahu Gejrot ini makanan khas dari Cirebon. Meski sering lewat tapi kan aku belum pernah jalan-jalan ke Cirebon makanya beli tahu gejrot di tempat yang benar masih mimpi. Kebetulan kemarin aku sempat makan siang dengan teman di salah satu foodcourt di Jakarta Pusat. Melihat berbagai menu yang dijual aku bingung milih makan apa. Akhirnya aku sengaja milih makan pempek kulit saja. Tapi karena kurasa masih kurang kenyang aku sengaja beli Tahu Gejrot Cirebon. Aku penasaran pingin memperhatikan seperti apa sih tahu gejrot ini sebenarnya. Saat memesan di stan tahu gejrot, kulihat selain tahu ada bawang merah, bawang putih yang ditempatkan di dalam kotak kacanya. Tak berselanglama mereka pun menyajikan tahu gejrot pesananku. Keunikannya mereka tempatkan tahu gejrot ini dalam cowek (bahasa jawa) jadi lain daripada yang lain. Penampilannya menarik karena ditata secara rapi. Tahu putih goreng (sumedang) yang dipotong tipis-tipis diguyur sausnya dan diberi tusuk gigi untuk memudahkan memakannya. Aku mulai menyantap tahu gejrot ini. Ternyata uenak. Sepertinya bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, cabe hijau rawit, gula merah,air asam, kecap manis, dan garam. Semua bumbu itu diuleg kasar jadi serat bawang dan cabenya masih terlihat jelas. Rasanya manis, asin tapi juga asam atau kecut. Selain itu juga puedes. Bumbu/kuahnya banyak jadi puas. Mungkin kalau ada krupuk bisa lebih sip lagi. Tahu gejrot ini cocok sebagai makanan selingan sebab porsinya kecil dan tidak mengenyangkan tapi puas sebab maknyus. Coba belinya di Cirebon pasti rasanya lebih lezat lagi. Wah jadi ingin main ke Cirebon deh.

3 komentar:

Midita mengatakan...

boleh tahu, dimana menemukan tahu gejrot ini di surabaya?

Anonim mengatakan...

Di Ciputra World Surabaya, Jl. Mayjend Sungkono Kav 87. Tepatnya di food court lantai 3. Dipojokan sekitar counter Pepper Lunch. Good luck. Met mencoba :-)

Yuni Rachmi mengatakan...

@Midita n anonim : Sorry aku sendiri malah belum pernah nemu tahu gejrot di Surabaya. Thanks infonya kalau di Ciputra World ada