Selasa, Januari 19, 2010

Soto Mie



Alhamdulillah aku sudah bisa kembali ke Surabaya setelah sepuluh hari travelling ke beberapa kota. banyak cerita jalan-jalan dan makan-makan yang bisa jadi bahan tulisan. Moga menarik dan bermanfaat untuk para pembaca setia blog kluyuran ini. Waktu di Jakarta kemarin aku sempat mencoba makanan namanya soto mie. Setahuku Soto Mie sebenarnya makanan khas dari kota Bogor. Kita bakal menemui banyak penjual soto mie mulai di pinggir-pinggir jalan hingga foodcourt dan resto. Di Jakarta yang notabene berdekatan dengan Bogor,juga tak sulit mencari penjual soto mie. Salah satu depot Soto Mie yang cukup populer di Jakarta adalah Soto Mi Lautze. Entah kenapa disebut soto mie lautze aku tak tahu. Sebab aku belum pernah langsung datang ke depotnya yang asli. Apa mungkin memang tempat aslinya di sekitar jalan Lautze (dekat kawasan Kartini/Karang Anyar Jakarta). Aku malah pernah makan soto mie lautze ini di foodcourt Golden Truly Gunung Sahari Jakarta. Aku penasaran seperti apa rasa Soto Mie Lautze ini. Aku sudah membayangkan pasti lebih enak daripada soto mie yang kumakan di pedagang kaki lima di Bogor. Sebenarnya stan Soto Mie Lautze di Golden Truly ini menawarkan berbagai menu. Ada soto mie lautze lisol, lisol kuah, bakmi kol, sop daging. Tapi aku sengaja pilih menu lisol kuah. Hal ini karena waktu itu lagi malas makan daging. Waktu mereka sajikan ternyata isinya mi/bihun, potongan tomat, kul/kobis, sledri, bawang goreng, irisan jeruk limau dan lisol yang dipotong-potong. Kuahnya bening tanpa santan dan berwarna kuning kecoklatan karena  sepertinya banyak sekali kecapnya. Rasa kuahnya asin dan asam. Terus terang aku tak begitu suka. Mungkin karena kuahnya terlalu asam dan kurang panas saat disajikan . Lisol yang dimaksud disini sekilas mirip sosis dalam kuah timlo tapi berisi bihun dan sedikit potongan wortel. Rasa lisolnya juga kurang yummy menurut lidahku sebab belum seenak sosis timlo. Harga lisol kuah ini Rp. 12.500,- tapi jika komplit alias dengan daging Rp. 15 ribu. Mungkin kekurangannya bisa ditutupi jika kita memesan emping untuk pelengkapnya deh. Tapi semua itu tergantung selera. Jika Anda penasaran silakan mencoba. Mungkin akan lebih puas jika mencoba membeli di warung soto mie lautze yang asli alias bukan di cabangnya.    

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai, Soto Mie sekarang hadir di Jogyakarta bersama Mang Nday. Kami dagang keliling area Kraton Jogyakarta. Harga terjangkau Rp. 7.500/porsi dengan Isi Ketupat, Mie Kuning, Bihun, Kol, Kentang, Tomat, Risol, Daging Sapi, Kikil, seledri dan bawang goreng.
Dijamin Puas ^_^
Terima Pesanan Partai Besar :
Info posisi jualan bisa sms ke Mang Nday 0856 9425 9898 (SMS only)

http://mangnday.blogspot.com/2015/06/pembeli-asli-bogor.html