Kamis, Desember 11, 2008

Kangen sambal tumpang


Udah hampir 1,5 bukan aku gak mudik ke kediri.Selain kangen ak ama mamaku tentu ada lagi yang aku kangenin yaitu sambal tumpang. Semenjak aku balita yang namanya makan nasi tumpang adalah sudah jadi menu wajibku.Dulu tetangga dekat rumahku ada yang biasa jual nasi tumpang.namanya mbah jam. nasi tumpangnya ciamik banget. biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang sebagai piringnya dan dengan suru daun sebagai sendoknya.Sambel tumpangnya
enak banget, apalagi juga dicampuri terik tahu campur mi dan peyek kacang.wis pokoke top abis. Sayang mbah jam sudah lama pindah dan dengar-dengar juga sudah tiada. Untungnya sebagai gantinya ada mbak jah. nasi tumpang mbak jah nggak kalah dari mbah jam.cocok bila dikatakan sebagai pengganti mbah jam.apalagi rumahnya juga berdekatan. cukup jalan kaki dari rumah dua ratus meter udah sampai. Aku dan kakak-kakakku paling ngefans dengan sambal tumpangnya mbak jah.Mbak jah ini sebenarnya usianya udah tidak muda, anak-anaknya saja sepantaran kami tapi kami udah terbiasa memanggilnya begitu sejak aku kecil.
Meski sekarang sudah pada bekerja diluar kota tapi kalau mudik pasti nasi tumpang mbak jah yang dicari.Biasanya sambal tumpangnya benar-benar pedas.bahan dasarnya tempe bosok,cabe,santan,jerukpurut.Penyuguhannya biasanya dengan sayur buah pepaya muda dan
tewel atau nangka muda dan kecambah. ditambah tempeyek dan kerupuk.hm enak banget.
Selain nasi tumpangaku juga demen banget dengan kerupuknya yang diguyur sambel tumpang.piuh bikin tambah yyumi aja.Dijamin bisa habis lebih dari satu porsi jika memakannya. Apalagi selain enak,harganya murah banget. Walaupun sekarang ini di kediri sudah ada cukup banyak penjual nasi tumpang laris seperti warung bu tin di patimura, nasi tumpang bu wandi di panglima polim, tapi nasi tumpang mbak jah tetap jadi favoritku. aduh jadi lapar, pingin makan tumpang nih.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

aslm mb,sy jd kangen deh sm pecel bu darmo, dan jg masakan kediri yg laen, o ya bu darmo sdh meninggal sktr januari 2012,by the way kpn ya ke kediri lg krn skrg jauh di new zealand,keep up nulis ttg kediri ya..