Rabu, Januari 05, 2011

Sop Konro Karebosi


Salah satu menu andalan kota Makassar adalah Sop Konro. Makanya aku tak menolak saat, teman-teman mengajak mampir ke warung sop konro Karebosi sehabis kami jalan-jalan di mall Karebosi Link. Lokasinya tak jauh dari mall Karebosi. Sop Konro Karebosi ini sangat terkenal karena sudah berdiri sejak dulu kala. Pelanggannya bukan warga Makassar saja bahkan juga para pelancong yang sedang berlibur ke Makassar.

Meski hari sudah menunjuk pukul 8 malam dan hujan pula ternyata ketika kami datang, terlihat masih banyak pembeli yang sedang asyik makan di warung sop konro karebosi tersebut. Padahal kursi dan meja yang tersedia cukup banyak. Jadi Kami mesti bersabar antri menunggu ada pembeli yang selesai makan dan segera pulang.

Setelah menghempaskan diri di kursi, pelayan langsung menanyakan apa menu makanan dan minuman yang mau kami beli. Karena temanku sudah memesan sop konro bakar maka aku sengaja memilih sop campur. Sedangkan untuk minuman kami memesan es jeruk dan markisa. Kuperhatikan di bagian depan pelayan tampak sibuk membakar konro-konro pesanan pembeli. Sedangkan yang lain juga sedang mempersiapkan nasi dan kuahnya.

Tak lama kemudian makanan siap dihidangkan. Sop campur pesenanku berisi potongan iga besar dan kikil dengan kuah bening. Iga dan kikilnya lunak dan tidak alot. Kuahnya agak kental, gurih dan tak asin. Biasanya orang memakannya dengan menambahkan kucuran jeruk nipis dan sambal. Kalau aku menyarankan untuk pendatang lebih baik langsung menambahkan sambal saja tanpa menambahkan jeruk nipis. Karena umumnya sambal di Makassar sudah asam karena dikucuri jeruk nipis pula, Yang pasti kuahnya jelas full lemak. Berbahaya buat yang kolesterolnya tinggi.

Kusempat mencicipi sop konro bakar pesenan temanku. Wow, lebih menarik. Iganya dibakar dan diberi bumbu kacang. Jadi bumbunya seperti bumbu sate yang manis itu. Tentunya iganya jadi terasa lezat. Sedangkan kuahnya berwarna hitam seperti kuah rawon. Tentunya dengan bahan dasar agak beda. Jadi rasanya tak sama dengan kuah rawon. Agak asin. Lagi pula yang membedakannya dimakan dengan perasan jeruk nipis. Jadi asin dan asam.

Usai menyantap nasi sop konro ini kami langsung minum dan beranjak pulang. Wow harganya lumayan juga. Seporsinya sekitar 29-31 ribu. Tapi tak apa deh , sekali sekali mumpung ke Makassar. Sekarang ini Sop Konro Karebosi sudah membuka cabang. Di Jakarta yang kangen sop konro karebosi bisa langsung meluncur ke kawasan Boulevar Kelapa Gading Jakarta Utara. Jadi tak harus jauh-jauh ke Makassar kan. Buat Sari dan Edy yang udah menemani jalan-jalan dan mentraktir sop konro, makasih banyak ya. Kalian baikhati  deh.hehehe

Tidak ada komentar: