Sabtu, Januari 08, 2011

Lezatnya Seafood RM Kahyangan



Salah satu pengalaman wisata kuliner paling menyenangkan di Makassar adalah saat aku ditraktir sahabatku, Susi, dinner di rumah makan Kahyangan. Rumah makan Kahyangan ini berada di jalan Datumusseng. Di sepanjang jalan Datumusseng memang berjajar beberapa rumah makan yang cukup terkenal di Makassar. Ada Lae-lae, Mi Titi, Rm Kahyangan dan sebagainya.

Rumah Makan Kahyangan ini memiliki menu beragam makanan dengan bahan dasar seafood. Yang menyenangkan sebelum kita masuk ke rumah makan kahyangan kita bisa memilih ikan segar yang akan dimasak dan kita makan. Sebut saja, udang, cumi-cumi, kepting, ikan sunu, ikan gurami dan sebagainya. Cara memasaknya pun bisa sesuai keinginan. Bisa dibakar, goreng, asam manis, rica-rica, dan sebagainya.

Setelah memilih seafood, kami masuk ke dalam rumah makan ini. Tempatnya lumayan luas tapi suasananya agak formil menurutku. Namanya juga kelas restoran bukan kaki lima. Mejanya besar, dengan taplak warna putih. Pengunjungnya lumayan banyak. Biasanya kalau resto rame begini berarti makanannya enak. Jadi ga sabar menanti makanan siap dihidangkan.

Sembari makanan siap disajikan, pelayan membawa sepiring otak-otak. Kami pun langsung menyantap otak-otak tersebut. Otak-otak ikannya sedap. Tidak amis. Dimakan dengan bumbu kacang yang manis dan asam. Jadi tambah enak. Yang pasti tak membutuhkan waktu lama bagi kami berempat menghabiskan sepiring otak-otak.

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Makanan pesenan kami siap terhidang di atas meja. Ikan rica-rica, Udang asam manis, Cumi goreng tepung, Ikan Sunu goreng tepung dan Ca kangkung. Cumi goreng tepunge gurih dan renyah. Udang asam manisnya keliatan menggoda selera. Udangnya besar-besar dan dimasak dengan tomat dan bawang bombay. Hm maknyus. Rasanya jelas manis dan asam.

Ikan Sunu goreng tepungnya gurih sekali. Sepertinya diperlukan keahlian untuk memasak masakan jadi seperti ini. Ca kangkungnya lumayan juga. Daunnya terlihat hijau segar dengan rasa pas, tak terlalu asin. Yang paling lezat menurutku ikan rica-ricanya. Aku lupa jenis ikan apa yang digunakan untuk ikan rica ini. Ikannya dibelah dua. Dagingnya tampak putih. Sepertinya memasak ikannya dibakar tapi tak sampai gosong alias setengah matang. Trus dicampur dengan bumbu rica-rica. Bumbu rica-rica ini menggunakan bahan dasar cabe, dan beberapa rempah-rempah juga. Rasanya perpaduan asin,dan pedas. Tapi beneran , enak banget.

Selain nasi putih , mereka juga menyajikan beberapa sambel sebagai pelengkap untuk kita makan. Sambalnya top abis. Uenak. Pedas. Jadi masih teringat pedasnya di lidah. Hm Ingat ingat makan seafood di rm kahyangan jadi lapar lagi deh. Hehehe. Yang jelas jika ke Makassar, RM Kahyangan kurekomendasikan untuk dicoba. Tapi soal harga, aku taktahu karena ditraktir susi. Thanks untuk Susi atas jamuan makan malamnya yang tak terlupakan.

Tidak ada komentar: