Jumat, Januari 07, 2011

Menikmati Bakso Di Tepi Pantai Losari


Aku senang sekali jika bisa mengisi liburan dengan jalan-jalan di tepi pantai. Ketika berada di Makassar awal bulan Desember lalu, hampir setiap hari aku melintasi jalan pantai losari. Rasanya senang berjalan-jalan sembari menyaksikan birunya laut. Meski cuaca panas, tak perduli. Setelah berpanas -panas di sepanjang pantai Losari, aku memutuskan mampir di salah satu rumah makan yang ada di sana. Namanya Sentosa. Lokasinya di jalan Penghibur Makassar. Menurut informasi temanku yang asli orang Makassar, rumah makan ini terkenal dan sudah ada sejak lama.

Aku masuk dan memilih tempat duduk yang tak jauh dari pintu masuk. Tujuannya supaya aku bisa makan sambil menyaksikan pemandangan laut. Hm menyenangkan. Di rumah makan Sentosa ini menu utamanya seperti bakso, mi pangsit dan sebagainya. Aku sengaja memilih bakso ikan, sedang Sari, temanku memilih bakso campur. Untuk minumannya aku pilih es kelapa muda dan sari memilih es pisang ijo.

Semangkuk bakso ikan langsung segera terhidang di atas meja. Kuahnya panas. Baksonya juga enak. Meski memiliki bahan dasar ikan tapi tak amis. Rasanya pas di lidah. Tak terlalu asin. Kuahnya juga sedap. Biasa dimakan dengan sambal dan jeruk nipis. Jadi ada rasa pedas dan asamnya. Sedangkan untuk bakso campurnya berisi mi, bakso dan pangsit goreng. Baksonya tentu daging sapi. Rasanya tak kalah lezat.

Usai kepedesan menyantap bakso, kami langsung minum. Sari sebenarnya memesan es palu butung dan es pisang ijo. Tapi yang tersisa cuma es pisang ijo. Es pisang ijonya seperti biasa, ada dadar pisang ijo dengan air es,sirup merah, susu dan santan. Rasanya jelas manis banget. Porsinya gede jadi minum semangkuk langsung kekenyangan. Coba tadi es palu butung yang dipesan Sari juga tersedia pasti dia takkan kuat menghabiskannya.hihihi.

Ngomongin soal minum , aku agak kecewa sebab es kelapa muda pesananku tak seperti yang kuinginkan. Aku membayangkan minum es kelapa muda dengan sirup putih seperti kalau di Surabaya. Soalnya rencanaku bisa untuk obat sakit perutku yang kebetulan lagi diare. Tapi ternyata yang muncul malah es kelapa muda dengan sirup merah dan susu. Jadi mirip es pisang ijo cuma isinya saja kelapa muda. Mau ga mau kuminum juga es kelapa muda yang manis banget ini. Walaupun begitu aku tak kapok mengulangi kesini lagi. Baksonya enak sih. Pemandangannya juga menarik.hehehe.    

 

Tidak ada komentar: