Minggu, Januari 16, 2011

Ngopi di cafe Nyonya Kopitiam


Menjelang libur natal dan tahun baru lalu, aku tugas ke Semarang lagi. Kebetulan aku punya janji ketemu salah seorang relasi di Paragon Mall Semarang. Namanya pak Henry Susilo, yang belakangan baru kuketahui merupakan suami dari Anne Avante, perancang busana/kebaya yang terkenal di Indonesia. Alasan kami memilih bertemu di mall Paragon jalan Pemuda Semarang karena lokasinya bersebelahan dengan hotel Merbabu tempatku menginap.Akhirnya kami bertemu pas jam makan siang di foodcourt lantai atas.

Kami duduk di depan stan cafe kopi Nyonya Kopitiam. Awalnya kami makan siang mi pangsit. Tetapi karena kelamaan ngobrol, relasiku nawarin aku ngopi. Tentunya tawaran ini tak kutolak. Ia pun langsung memanggil karyawan nyonya kopitiam. Usut punya usut cafe ini milik putrinya. Menurutnya terinspirasi dari cafe kopi yang ada di Malaysia.

Sebenarnya menu minuman yang ditawarkan di cafe nyonya kopitiam beragam. Dari kopi tarik, kopi hitam, teh, teh tarik dan sebagainya. Menu makanannya juga bermacam-macam, mulai roti bakar hingga pancake juga ada. Jadi kita bisa memilih sesuai keinginan kita. Yang pasti ngopi di cafe kopi nyonya tiam ini mengingatkanku pada cafe kopi tiam oey milik Bondan Winarno, tokoh kuliner favoritku,

Aku sengaja memilih kopi tarik dan pancake keju. Untuk kopi tarik bisa pilih panas atau dingin. Ditempatkan dalam cangkir model kuno. Hm rasa kopinya enak. Susunya tak terlalu kental. Perpaduan kopi dan susu ini tak terlalu manis. Mantap deh.Jadi kita bisa meminumnya dengan senang. Sebab kalau terlalu manis kan biasanya jadi ga selera.

Pancakenya juga lezat. Rotinya dimasak dengan bentuk bulat dan tak terlalu manis. Taburan kejunya banyak. Hm maknyus. Takkalah dengan pancake bikinin rumah makan pancake yang mahal. Roti bakarnya juga enak, dibakar kering dan ditaburi dengan kacang almond. Lezat pastinya. Harga makanan dan minumannya juga tak semahal cafe kopi lainnya. Yang pasti layak dicoba jika Anda hobi ngopi.

1 komentar:

Aby mengatakan...

Kalau berminat utk waralaba Nyonya Kopitiam, bagaimana caranya dan bisa hubungi no tlp berapa ? thanks