Selasa, Februari 08, 2011

Pesta Kepiting di Semarang


Salah satu seafood yang paling disukai banyak orang adalah kepiting. Jika di Porong dan Surabaya ada kepiting Cak Gundul yang terkenal sejak dulu kala, di Semarang ada Kepiting Depot Rejeki. Ketika aku ditawari mencoba kepiting di depot rejeki. "Kepiting depot Rejeki Semarang itu top deh. Biasanya pilot-pilot Garuda kalau pas ke Semarang sering bawa pulang kepiting dari depot ini," kata Fidelia, salah satu relasi baikku yang asli orang Semarang.

Makanya aku pun mengiyakan tawaran menarik ini dan ikut mereka menuju ke Depot Makan Rejeki. Aku membayangkan sebuah rumah makan besar di jalan utama. Ternyata meleset. Lokasinya di tengah perumahan padat dan jalannya pun tak besar. Depot Makan Rejeki ini beralamat di jalan Puspowarno no 54 Semarang. Tak  jauh dari pasar Karang Ayu Semarang.

Tampak dari depan, Depot Rejeki ini seperti rumah tinggal. Tetapi begitu masuk di dalam, sudah terlihat meja dan kursi yang ditata rapi. Meski sederhana tapi bagus. Keistimewaan dari rumah makan ini, kepitingnya merupakan hasil budidaya dari pemilik rumah makan ini sendiri. Dari tambak kepiting ini dipindahkan dulu ke kolam yang berada di samping depot Rejeki. Jadi ditanggung bersih.

Berbagai menu makanan yang dijual utamanya berbahan dasar kepiting tetapi ada juga menu seafood yang lain. Ada pepes telur kepiting, kepiting asam manis, kepiting saos padang, kepiting lada hitam, kepiting saus mentega, fuyunghai kepiting dan sebagainya. Kami perlu bersabar menunggu makanan siap disajikan. Sebab ternyata memang lama sekali mereka memasaknya. "Biasanya kami pesan lewat telepon dulu, jadi kalau datang ke sini makanannya sudah siap," terang Fidelia, pelanggan setia depot Rejeki ini.

Sesudah menunggu kurang lebih satu jama, semua makanan siap ditata di atas meja. Wow ada pepes telur kepiting, kepiting asam manis,ca kangkung seafood dan fuyunghai kepiting. Semuanya enak. Kepitingnya lunak. Pepes telur kepitingnya maknyus. Dimasak dengan bermacam bumbu nan pas sehingga menggoyang lidah. Kepiting asam manisnya juga lezat. Meski menurutku lebih terasa manisnya daripada asamnya. Fuyunghainya yang berisi telur dan kepiting itu enak juga. Diguyur dengan saos. Lagi-lagi menurutku manis rasanya. Ca kangkungnya terdiri dari kangkung, cumi-cumi, udang dimasak dengan bawang dan cabe. Lumayan sedap sedap meski tak pedas.



Yang pasti makanan dari depot Rejeki cocok untuk semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Para selebritis dari ibukota yang berkunjung ke Semarang juga amat menggemari makanan di sini. Buktinya banyak dipasang foto-foto mereka di dinding depot rejeki. Silakan mencoba jika Anda ke Semarang. Tapi maaf soal harga aku tak bisa kasih informasi. Maklum aku ditraktir sih. Hehehe. Thanks untuk ibu Fidelia sekeluarga yang sudah mengajakku makan enak di depot rejeki.

Tidak ada komentar: