Selasa, Februari 08, 2011

Jajan di Warung Es & Kue Mungil


Meski sering lewat tapi baru sekali aku jalan-jalan di kota Lawang. Kebetulan aku punya janji ke rumah salah seorang nara sumber di daerah tersebut. Karena belum menguasai medannya maka aku meminta dia untuk menjemputku di dekat pasar Lawang/jalan MH. Thamrin Lawang. Daripada bengong di pinggir jalan, sembari menunggu aku masuk ke sebuah toko kue. Ternyata namanya Warung Es dan Kue Mungil.

Warung Es dan Kue Mungil ini menjual aneka macam kue. Mulai kue basah seperti lumpia, risoles, kroket, martabak hingga beragam kue kering. Ia juga menyediakan aneka es, mulai es teler, es kacang ijo , es campur hingga aneka macam juice buah (alpukat, tomat, jeruk, dan sebagainya). Mereka juga menjual nasi campur. Makanya di tempat ini disediakan meja dan kursi pula.

Aku sengaja memesan lumpia dan martabak. Untuk minuman kupilih teh panas. Teh panas cocok untuk mengusir hawa dingin kota Lawang. Kuhirup teh manis panas pelan-pelan. Hm enak. Lumpianya maknyus. Kulitnya gurih. Isinya rebung dan ayam juga pas di lidah. Tak terlalu asin tapi juga tak semanis lumpia Semarang. Dimakan dengan saos dan cabe lebih enak yummy lagi. Martabak telurnya juga lezat. Gurih banget. Pokoke mantap.


Tiba-tiba aku jadi ingat pernah minum es di warung es dan kue mungil juga tapi yang berada di jalan Jaksa Agung Suprapto Malang beberapa bulan sebelumnya. Usut punya usut ternyata memang warung tersebut satu pemilik. Mereka sekarang punya beberapa warung baik Lawang maupun Malang. Kue-kuenya memang enak. Cocok pula untuk oleh-oleh. Kemarin aku coba beli bakpia waluh untuk buah tangan keluarga di rumah. Hm ternyata gurih dan lebih lezat dibanding bakpia dengan bahan dasar lainnya. Silakan coba jika ke Malang.