Rabu, Februari 09, 2011

Sedapnya Sop Buntut Langgeng



Buat penggemar sop buntut, ada satu tempat yang aku rekomendasikan. Namanya Depot Langgeng. Lokasinya berada di Jalan KH. Mukmin 67 Sidoarjo. Tempat ini tak pernah sepi pembeli, selalu ramai. Maklum saja memang patut dicoba sih semua makanannya. Mereka menjual makanan mulai nasi rawon, lontong cap go mek, nasi campur hingga aneka pepes. Tapi yang paling banyak diburu orang jika makan ke depot langgeng jelas sop buntutnya.

Bulan lalu aku dan keluarga besarku mampir ke Depot Langgeng sepulang dari benerin tas koper di Tanggulangin. Kulihat dari luar sudah kelihatan jika di dalam depot tersebut sudah penuh terisi orang. Beruntunglah saat kami masuk ada sekeluarga yang bangkit dari tempat duduknya jadi kami bisa langsung menempati kursinya setelah sebelumnya minta pelayan membersihkan meja tersebut.

Kami memesan lontong cap go mek, nasi rawon, sop buntut goreng dan buntut penyet. Sedangkan untuk minumannya kami pilih es teh dan es jeruk. Tak butuh waktu lama menunggu dan makanan pun langsung siap di atas meja kami. Hm lontong cap go meknya menarik. Perpaduan lontong, opor ayam dan telur rebus serta sayur. Sebenarnya lumayan enak hanya sayangnya disajikan tak panas. Padahal jika panas tentu lebih mantap lagi. Nasi rawonnya bolehlah. Dagingnya cukup banyak dan tak banyak lemaknya. Dimakan dengan sambel lebih enak.

Yang istimewa jelas sop buntut goreng dan penyet buntut gorengnya. Untuk sop buntut goreng, buntut gorengnya ada beberapa biji, disajikan dengan irisan cabe merah, ketimun dan daun selada. Rasanya perpaduan manis dan asin. Maknyus. Kuahnya juga enak, ditaburi daun pre dan seledri. Dimakan dengan kucuran jeruk nipis dan sambel makin lezat saja.

Penyet Buntut Gorengnya lebih hebat lagi.Buntut gorengnya juga digoreng sehingga lunak di lidah. Lalu ditaruh diatas cobek yang sudah berisi sambel trasi yang enak dan pedas. Sudah begitu ditambah beberapa cabe rawit goreng, ketimun dan daun selada. Hm sedaaaap. Kalau sudah makan ini lupa deh kolesterol. hahaha. Sekali-sekali tak apa-apa kan. Jarang kok ke kota Sidoarjo. Ngeles nih ye.hihihihi.   



Tidak ada komentar: