Selasa, Februari 08, 2011

Gurihnya Ayam Goreng Tenes



Tempat wisata kuliner di kota Malang memang banyak sekali. Buat yang hobi makan ayam, sekali tempo coba saja Ayam Goreng Tenes. Dinamakan Ayam Goreng Tenes karena memang lokasinya berada di jalan Tenes 12 Malang. Tempat ini tak jauh dari stadiun Gajayana atau MOG. Lokasinya nyaman. Teras rumah disulap jadi tempat makan. Kebetulan model rumah peninggalan jaman dulu jadi terkesan asyik. Tapi kini rumah makan ini sudah disulap lebih modern. Pengunjung bisa duduk di bangku dan meja panjang sembari melihat taman bunga nan sejuk. Agar pengunjung nyaman juga disediakan toilet dan mushola.

Dari namanya saja sudah ketahuan jika menu utama warung makan Ayam Goreng Tenes ini adalah ayam goreng. Tidak usah khawatir sebab bahan dasarnya ayam kampung.  Kita bisa memilih paha atau dada. Selain itu kita bisa memesan usus, kepala dan ati ampela. Selain ayam, kita juga bisa memesan gurami, cumi-cumi, paru goreng, lele goreng, bandeng tanpa duri, tempe/tahu penyet, aneka sambel, ca kangkung dan sebagainya.

Pertengahan bulan lalu saat aku aku dan sobatku Indah mampir ke Ayam goreng Tenes ini. Kami coba memesan paha goreng,usus/paru goreng, ca kangkung dan tempe penyet. Hm rasanya maknyus. Ayamnya digoreng kering. Sepertinya dibumbu dan diungkep dulu jadi meresap hingga kedalam. Gurih banget. Dimakan dengan nasi dan sambel trasi dan kecap tambah mantap. Usus goreng dan paru goreng juga digoreng garing. Kriuk-kriuk dan gurih banget. Tempe penyetnya top. Sambelnya menggunakan cabe mentah, pedasnya nendang banget. Ca kangkungnya juga enak.Kangkungnya dimasak dengan bawang putih, irisan cabe merah dan saos tiram serta ditambah telur puyuh rebus. Asin dan pedas.

Habis melahap makanan pedas, kami kepedasan. Untung kami langsung minum es yang sudah kami pesan. Juice melon yang segar bisa hilangkan pedas dan dahaga. Sebenarnya ada beragam minuman yang ditawarkan selain juice, es teh, es jeruk, es sirup dan sebagainya. Jika tak suka minuman dingin, bisa pesan teh panas atau jeruk panas. Pokoknya dijamin puas. Harganya juga standard atau bisa dibilang tak terlalu mahal untuk ukuran rumah makan. 

   

Tidak ada komentar: