Minggu, Desember 26, 2010

Pallu Basa Serigala


Sebelum berangkat ke Makassar kemarin, aku sempat hunting nama tempat-tempat wisata kuliner. Tetapi tentunya tak semua bisa kukunjungi karena keterbasan dana dan waktu. Sungguh beruntung di sela-sela waktuku disana, relasiku menjamu panitia dan kami para tamunya untuk mencicipi makanan khas Makassar. Dan tempat yang menjadi tujuannya adalah warung Pallu Basa Serigala.

Dinamakan Warung Pallu Basa Serigala karena memang lokasinya berada di jalan Serigala Makassar. Dan menunya cuma Pallu Basa saja. Tak kusangka memang Palbas Serigala ini sangat laris. Pembelinya mesti rela antri jika mau makan disini. Padahal mereka sudah menyediakan ruangan lumayan luas baik di bagian dalam maupun di halaman depan warungnya. Makanya aku jadi semakin penasaran seperti apa sih pallu basa ini?

Berkat kelihaian teman, kami bisa langsung dapat tempat duduk di bagian dalam. Kayak ruang VIP nya. Lumayan bisa makan secara santai. Kebetulan memang rombongan kami ada 8 orang, jadi cocok masuk ke tempat itu dibandingkan di bagian lain yang mesti terpisah-pisah duduknya. Lalu pelayannya langsung menyiapkan makanan pesanan kami.

Hanya menunggu beberapa menit makanan siap disajikan. Sepiring nasi putih dan semangkuk palu bassa kelihatan menarik untuk disantap. Nasi putihnya tak panas. Sayang banget. Tapi tak apa-apa Pallu basanya kan sudah panas. Pallu Bassa ini disajikan dalam mangkuk kecil, Mirip mangkuk soto kudus. Isinya potongan daging kerbau berlemak. Kuahnya berwarna kehitaman mirip rawon. Tapi soal rasa jelas beda. Menurutku Pallu bassa ini rasanya perpaduan antara soto, gule dan rawon. Bumbunya komplit. Gurih dan asin. Tapi biasanya orang memakannya dengan kucuran jeruk nipis dan sambal. Jadi serasa asin, asam dan pedas. Tapi enak.

Jika kita bilang pakai alas, maka mereka akan menyajikan pallu bassa ini dengan telur mentah. Tapi karena kami umumnya para pendatang jadi tak berani mencobanya. Takut "enek". Sedangkan jika kita tak suka daging kerbau berlemak bisa meminta daging saja. Jadi kesimpulannya pemesanan bisa disesuaikan sesuai keinginan pelanggan. Yang pasti pallu basa serigala  ini mantap dan mesti dicoba kalau Anda ke Makassar.

Tidak ada komentar: