Sabtu, Desember 18, 2010

Sop Matahari Viens


Sebenarnya Ambar, sahabatku di Solo sudah menyediakan makan siang nasi tengkleng untukku saat aku mampir ke Solo kemarin. Tapi sore harinya saat mau balik ke stasiun Balapan untuk meneruskan perjalanan ke Jogya aku tertarik mampir ke warung selat dan sup matahari Vien. Lokasi tepatnya ada di jalan Hasanudin Solo atau tak sampai satu km dari stasiun balapan.

Sebenarnya ini bukan warung jadul. Kedai Sop matahari Vien baru dibuka sejak 5 tahun yang lalu. Walaupun begitu banyak sekali pelanggannya sedari pagi hingga sore hari.  Ibu Vien pemiliknya sendiri setiap hari duduk jadi kasir sembari sesekali ngobrol dengan pelanggannya. "Murah kan" katanya padaku saat tahu aku datang jauh-jauh dari Surabaya.

Memang kuakui makanan disini murah pol. Sop matahari dan sop manten hanya dipatok harga 5 ribu. Selat cacahan daging seharga 9 ribu sedang selat gelantin cuma 7500 perak. Selain itu masih ada menu gado-gado, stup makaroni dan sebagainya. Minumnya selain es teh dan es jeruk juga ada aneka minuman ringan. Beberapa snack seperti pastel dan dadar gulung isi fla juga ada. Bisa dimakan sembari menunggu makanan utama siap,

Kemarin Aku dan Ambar tak kreatif karena sama-sama memilih menu sama yaitu sop matahari. Seperti apa ya?
Sop matahari adalah sop dengan isi wortel dan bunga matahari. Bunga mataharinya terbuat dari cacahan daging ayam, jamur karang putih, dan wortel. Dimasak dalam kulit pangsit. Hm bentuknya cantik rasanya uenak. Perpaduan asin dan gurih. Begitu juga kuahnya yang terbuat dari kaldu daging ayam. Sup ini lebih nikmat disantap dengan sambal kecap. Jadi lebih enak karena ada rasa manis dan pedasnya.

Sayangnya kemarin perutku sudah kenyang sekali sehingga aku tak memesan selat galantin yang juga nikmat. Perpaduan wortel dan buncis rebus, kentang goreng, galantin dan bumbu bistik akan terasa menggoyang lidah. Aku sebenarnya pingin sekali mencobanya tapi terlalu penuh perutku. Jadi cuma bisa menelan ludah. Lain waktu kuingin mencobanya jika ke Solo lagi. Anda mau ikut?

Tidak ada komentar: