Selasa, Maret 02, 2010

Serabi Notosuman

Di tengah-tengah kesibukanku di Jakarta tiba-tiba aku kangen untuk nulis di blog. Sembari ngetik aku bayangin enaknya kalau sore-sore begini ngemil jajan yang manis-manis. Mungkin jika sedang di Solo bisa langsung beli serabi solo. Di sepanjang jalan Selamet Riyadi Solo cukup banyak pedagang serabi Solo ini. Sejak pagi hingga malam mereka menjual serabi ini sehingga kita tak bakal kesulitan bila sewaktu-waktu ingin membelinya. Mereka memasak menggunakan wajan kecil dengan anglo arang. Rasanya bisa memilih macam-macam, nangka, coklat, pisang, keju dan sebagainya. Makan serabi panas-panas uenak banget. Manis dan gurih.Tapi jika untuk oleh-oleh biasanya orang biasa membeli serabi Notosuman. Srabi Notosuman sudah sangat terkenal. Lokasinya ada di jalan M.Yamin Solo dan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Terus terang meski sering ke Solo tetapi aku belum pernah mampir ke tokonya. Saat aku jalan-jalan di Semarang lalu tak sengaja aku melewati toko serabi Notosuman. Ternyata mereka sudah membuka cabang di Semarang. Salah satunya adalah di Jalan MH. Thamrin. Karena penasaran maka aku pun coba berhenti dan membeli serabi solo Notosuman ini. Aku bayanginnya seperti serabi solo yang biasa aku beli di pinggir jalan Selamet Riyadi Solo ternyata agak berbeda. Mereka mengemas lebih cantik. Serabi Solo ini terbuat dari dari bahan-bahan tradisional seperti tepung beras, santan, vanilla, daun pandan, dan garam. Meski dimasak dengan cara yang sama tetapi penyajiannya lain, masing-masing serabi ditekuk dan dilapisi daun sehingga tidak lengket saat memegangnya. Bisa pilih rasa coklat atau polos riginal. Tekturnya lebih lembut. Rasanya benar-benar lebih gurih. Pokoke uenak banget. Apalagi jika dimakan panas-panas.  Tak salah bila pepatah mengatakan ono rego ono rupo. Harga perbijinya memang lebih mahal dibanding srabi solo pinggir jalan tapi memang kualitasnya lebih bagus. Buat penghobi serabi Notosuman bisa membelinya pula di cabangnya di Jakarta. tapi ingat makanan ini tanpa pengawet dan hanya bertahan satu hari saja.

Tidak ada komentar: