Selasa, Desember 15, 2009

Solo Mania






Setiap kali aku mampir ke kota Solo entah untuk urusan pekerjaan atau sekedar menghadiri undangan hajatan teman, aku merasa seperti pulang ke kampung halamanku sendiri. Mungkin karena aku pernah tinggal selama kurang lebih 5,5 tahun di kota ini jadi bikin aku cinta banget. Andaikan bisa, ingin rasanya memilih menetap di Solo. Tapi itu cuma sekedar angan-angan. Untungnya pekerjaanku membuatku bisa sering bisa mengunjungi Solo. Sekitar 3-5 kali setahun aku selalu punya alasan ke sini. Dan aku selalu menikmati itu semua. Rasanya menyenangkan berjalan-jalan di sepanjang jalan Slamet Riyadi, dari ujung Gendengan hingga Gladag. Sekarang sisi kanan jalan Selamet Riyadi dipaving dan hanya khusus untuk pejalan kaki (citywalk).  Kita bisa melihat penjual serabi solo yang berjejer di sisi kiri jalan/depan toko atau perkantoran. Becak-becak yang berseliweran. Atau kalau sedang beruntung akan bisa melihat kereta api dari Wonogiri yang melintas ke arah setasiun Purwosari. Bahkan dengar-dengar bakal dioperasikan kereta api wisata dari setasiun Sangkrah hingga Purwosari yang pasti juga akan melintasi sepanjang jalan Slamet Riyadi. Jika mau piknik, sebenarnya cukup banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di dalam kota Solo, ada keraton Kasunanan Solo yang dekat alun-alun dan pasar Klewer, lalu ada pula, keraton Mangkunegaran, taman Sriwedari, Taman Balekambang, Kebun Binatang Jurug dan sebagainya. Yang terbaru adanya Ngarsopuro dimana sepanjang jalan menuju Mangkunegaran dari arah Slamet riyadi/pasarpon, dipasang cukup banyak patung etnik dan tempat-tempat duduk sehingga enak buat santai sembari berfoto-foto disana. Pingin belanja batik yang merupakan salah satu produk kebanggaan Solo, kita bisa berkunjung ke pasar Kelewer atau Beteng/Pusat Grosir Beteng Solo. Yang penting mesti pintar-pintar menawar supaya dapat harga murah. Pengin jalan-jalan ke mall, sudah ada SGM, Solo Square selain Singosaren Plaza yang sudah berdiri sejak dulu kala. Mau beli oleh-oleh khas Solo, selain bisa mampir ke Pasar Gede, kita juga bisa datang ke Toko Roti Orion di jl. Urip Sumoharjo yang terkenal dengan mandarinnya atau ke Kedai Pangan Varia di jl. Coyudan yang ngetop dengan serundeng dan abonnya. Sedangkan bila mau wisata kuliner, tak perlu khawatir sebab Solo punya cukup banyak tempat makan yang murah meriah. Beberapa tempat makan yang bisa Anda coba adalah.
1. Timlo : Timlo Sastro Balong (belakang pasar Gede), menyajikan nasi timlo, timlo komplit, telur sosis, sosis rempeloati, dsb. Minuman, es kuas, es coklat, es karamel, es teh, es jeruk dlll.
2. Sugar/STMJ : Susu Segar Shi Jack, depan lapangan Kota Barat, menyajikan, es susu coklat, es susu sirup, STMJ dll, roti bakar, pisang bakar, nasi bungkus (bandeng, oseng, capcai, nasi goreng dll), sate kulit, kul, dll.
3. Steak : Kusumasari , jl Yos Sudarso/Nongnongan, menyajikan steak lidah, steak galantine, sirloin steak, dll, bermacam sup, sup galantine, sup matahari, dan bermacam minuman, cola float, lemontea, dll.
4. Selad Solo, Mekarsari, jl. Dr. Rajiman, barat Singosaren Plasa, menjual selad Solo, gado-gado, gudeg, opor. Selad Solo Mbak Lies Serengan
5. Gudeg, Gudeg ceker Bu Kasno/depan SMA1 jl. Monginsidi, Gudeg Bu Mari jl. Gatot Subroto, Gudeg Ayu depan lapangan kota barat.
6. Soto Kwali, depan stasiun Balapan/jl.Widuran.
7. Nasi Liwet, Yu Sani Solo Baru/Keprabon
8. Mi toprak, Yu Nani, Kartopuran.
9. Kupat Tahu, Jl. Gajah Mada.
10.Ayam bakar, Ojo Gelo Jl. Slamet Riyadi/Purwosari.
Tentunya masih banyak lagi. Kapan-kapan dibakas lagi tempat-tempat makan yang wajib dikunjungi bila main ke kota Solo.


Tidak ada komentar: