Rabu, Juli 18, 2012

Depot Wilis

Pulang ke kampung halaman merupakan momen yang tak membosankan. Makanya saat bisa meliburkan diri, Senin kemarin aku langsung ngacir ke Kediri. Padahal mama dan kakak-kakakku sedang berada di Surabaya semua. Berarti pulang sendiri. Beruntung masih ada om, tante dan bude-bude yang rumahnya di samping rumahku jadi bisa sekalian menengok mereka.

Jam masih menunjukkan pukul 9 pagi saat bisku masuk kota Kediri. Aku sengaja memilih turun dari bis patas Harapan Jaya di halte alun-alun Kediri. Hm biasanya kalau ada kakakku di Kediri aku jalan sebentar dan dia udah menunggu di depan masjid Jami Kediri. Tapi kali ini aku cuma bisa jalan sendiri. Tak ada yang menjemput. Hm mau naik becak kok malas. Kususuri jalan PB Sudirman Kediri. Sesudah menyebrang jalan, kulihat jejeran penjual kerupuk di depan alun-alun Kediri. Krupuk pok, oleh-oleh khas Kediri tampak menggoda selera. Udahlah biar kulewatkan saja kali ini.

Hm berjalan-jalan di Kediri menyenangkan. Jajaran depot makan yang ada dari jaman kecil hingga rumah makan baru masih ada di jalan PB Sudirman Kediri. Depot Tentrem, Soto Siboen, Depot bu Yekti dan masih banyak lagi. Aku melangkah tanpa tahu harus berhenti dimana. Rencana pingin creambath rambut di Balqis (salon muslimah) tapi kok males ya. Mau masuk toko buku Togamas atau toko buku Tegas (toko buku jadul yang masih bertahan hingga sekarang) juga nanti bingung mau beli apa. Karena tak terencana.

Kulihat di kanan jalan Ramayana Robinson Departemen Store. Sejak berdiri setahun yang lalu aku belum pernah sekalipun masuk kesini dan kali ini pun belum berminat masuk kesana. Akhirnya mataku langsung tertuju ke sebuah depot lawas yang jaman kukecil sering dikunjungi keluargaku. Depot Wilis namanya. Sudah bertahun-tahun aku tak masuk depot ini. Makanya aku pun mampir kesana. Kupikir sekalian nunut ke toilet.hehehe.

Sama seperti depot jadul di Kediri yang lain, puluhan kalender dan jam dinding masih terpasang di tembok depot itu. Hm mengingatkanku pada depot soto podjok mbahku jaman dulu kala.  Depot Wilis ini sudah berdiri sejak jaman perang 1943 alias hampir 70 tahun. Dulu tempatnya nggak sebesar dan sebagus itu. Sekarang udah lebih besar dan bagus. Pelanggannya dari berbagai kota. Salah satu relasiku di Surabaya saja langsung menyebut Depot Wilis begitu tahu aku berasal dari kota Kediri.

Puluhan menu tertulis disana. Mulai nasi rawon, nasi soto, nasi kare, nasi pecel, nasi bumbu bali dan sebagainya. Menu istimewanya jelas rawon buntut/goreng. Pingin sekali kumemesan rawon buntut. Ups ingat kolesterolnya tinggi sekali. Sebenarnya ada menu nasi sayur plus lauk. Hari itu pas menawarkan menu nasi sayur bening dan empal. Tapi aku ga tertarik.

Setelah bingung memilih akupun putuskan pilih nasi rawon. Nasi rawon memang menu andalan tempat ini. Nasi rawonnya tetap bertahan menggunakan bumbu masa lampau. Jadi khas banget. Asin dan gurinya pas dan amat enak. Dagingnya disajikan dalam bentuk potongan-potongan. Empuk dan enak. Wow sepiring nasi rawon kumakan lambat-lambat. Kuresapi benar enaknya. Jadi teringat dulu kami biasa makan rame-rame disini.

Sebagai teman makan rawon aku mesti pilih minuman yang sesuai. Awalnya aku memesan es degan tapi ternyata kosong. Ada es kopyor, es campur, es shanghai, es sinom, es jeruk, es dawet, es blewah es teh dan lain-lain yang bisa jadi pilihan pengganti. Aku memilih es shanghai saja. Wow es shanghainya menarik. Es batu pasrah menutup atau menyembunyikan isi es tersebut. Sirupnya warna merah muda, sama seperti jaman dulu. Isinya ternyata blewah, dawet. kolang kaling, tape ketan ijo, cao dan nanas. Hm segar,asam dan manis. Uenaaak.


Untuk seporsi nasi rawon dan es shanghai aku mesti membayar Rp. 22500,00 . Mahal untuk ukuran Kediri tapio masih murah untuk ukuran Jakarta. Ayo mampir kesana kalau ke Kediri. Selain ini masih banyak kok makanan enak di Kediri. Percayalah,hehehe . Dukung agenda pemerintah Kota Kediri untuk  "Visit Kediri 2012". (emange ada?ga tahu. ngacau hihihi)  

1 komentar:

global travel mengatakan...

makanannya enak" banget tuh keliatannya

cocok buat buka puasa hari ini :)