Minggu, Juli 08, 2012

Soto Rampal

Hari Minggu kemarin aku dan kakak-kakakku menghadiri undangan pernikahan saudara sepupuku di Malang. Sebelum ke tempat lokasi resepsi di Balai Merdeka Unmer Malang, kami tak melewatkan waktu untuk wisata kuliner. Kali ini kami ingin mencoba makan rawon Rampal yang sudah terkenal itu. Lokasinya di jalan Panglima Sudirman Malang.  Dekat Bank BCA.

Tempatnya sebenarnya tak terlalu besar tapi sudah sangat terkenal. Pelanggannya tak hanya dari kota Malang tapi dari berbagai kota.  Presiden SBY pun sering mampir makan di sana jika sedang kunjungan ke Malang. Terbukti dari foto-foto yang dipasang di dinding warung soto Rampal ini. Hehehe beda dengan warung jadul lainne, biasanya yang dipasang foto selebritis, kalau disini malah foto orang nomer satu di negeri ini saat ini.

Menurut informasi yang kami dengar katanya menu soto rampal yang lebih diminati. Kami coba memesannya. Dalam seporsi soto ada beberapa iris daging, taoge. Ternyata kuahnya bening. Soal rasa, terlalu ringan menurut kami. Maaf, kami terbiasa dengan soto daging madura atau soto daging kediri yang kuahnya lebih berasa mantap.

Kami lebih suka dengan rawonnya. Rawon Rampal memang mantap. Varian kuahnya mantap, tak terlalu asin. Dagingnya ada uratnya dipotong potong kotak. Dimakan dengan taoge mentah dan sambal. Wow enak sekali. Tak kalah dengan nasi rawon Nguling atau rawon Setan yang terkenal di Surabaya. Seporsi nasi rawon dihargai 15 ribu perak.

Biasanya sebagai teman makan nasi rawon, orang-orang memesan babat rawis. Babat rawis ini merupakan babat yang digoreng dengan rasa agak manis. Nikmat karena sudah tersedia dalam bentuk potongan dan empuk. Usus gorengnya juga enak sekali. Seporsi babat rawis/usus dihargai seharga 15 ribu perak juga. Tapi jangan makan usus dan babat banyak-banyak ya. Ingat kolesterol tinggi. hihihi.

Sebenarnya selain soto dan rawon, Anda bisa memesan berbagai menu yang lain seperti nasi campur, bali telur atau nasi pecel. Juga tersedia berbagai snack seperti lumpia, risoles, mendol dan sebagainya. Minuman yang dijual juga beragam mulai es teh, es jeruk hingga soft drink. Jika suka krupuk juga bisa memilih sesuai selera. Dan lebih enaknya lagi, Anda bisa membeli bumbu pecel, soto dan rawon disini untuk dibawa pulang. 

Tidak ada komentar: