Selasa, Oktober 16, 2012

Gudeg Ceker Bu Kasno

Bulan Ramadhan kemarin aku kesampaian juga makan nasi gudeg yang paling terkenal di Solo. Sudah sejak lama aku ingin makan di sana jika pas tugas ke Solo. Tetapi karena itu warung bukanya larut malam hingga dini hari makanya aku tak bisa kesana. Ramadhan kemarin kebetulan aku menginap semalam di rumah Ambar, salah satu sahabatku yang berdomisili di Solo. Ia juga yang mengajakku pergi makan sahur ke warung gudeg bu Kasno. Bayangin saja, jam setengah 4 pagi kami berkendara dari Manahan hingga warung gudeg bu Kasno yang berdomisili di jalan Monginsidi depan SMA Negeri 1 Solo. Ternyata sampai warung bu Kasno sudah banyak orang makan disana.
Mereka duduk di bangku-bangku yang dipasang berjajar. Aku dan Ambar memilih duduk di depan bu Kasno. Perempuan setengah baya itu duduk di depan makanan yang dijualnya. Selain gudeg, juga beragam lauk bisa dipilih sesuai selera. Gudeg yang dijual beda versi dengan gudeg Jogya. Varian gudeg basah, jadi tak kering seperti gudeg Jogya.
Aku memilih nasi gudeg komplet. Hm mantap rasanya uenak. Perpaduan antara manis dan gurih. Dimakan dengan sambal tambah enak lagi. Ayamnya lunak sekali dan gurih. Dimasak dengan menggunakan santan juga. Tinggal pilih bagian paha, dada, atau sayap. Atau bisa pilih jerohan ayam yang sudah dimasak pula. Benar-benar maknyus.
 
Meski sudah menyantap nasi gudeg dengan lauk ayam, aku masih melirik cekernya. Gudeg ceker bu Kasno memang yang paling ngetop. Sebab cekernya dimasak dengan bumbu gudeg juga dan lunak. Rasanya uenak. Tak percaya coba saja kalau kau ke Solo. Harganya masih terjangkau kok. Tapi siap-siap saja makan sembari terkantuk-kantuk. Soalnya jam buka warung ini dari jam 12 malam hingga 5 pagi.

Tidak ada komentar: