Selasa, Agustus 10, 2010

Soto Pak Marto


Marhaban Ya Ramadhan. Tak terasa besuk sudah mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2010. Oleh karena itu aku ucapkan mohon maaf lahir dan batin buat teman-teman pembaca setia blogku (http ://rachmira.blogspot.com) ini. Selamat menunaikan ibadah puasa juga ya. Karena kesibukan di luarkota sudah agak lama aku tak sempat berbagi cerita di blog. Alhamdulillah selama bulan puasa nantinya aku lebih banyak berada di kantor Surabaya. Jadi bisa sering nulis di blog ini. Kali ini aku mau nulis soal soto lagi. Maklumlah penggemar soto. Bulan lalu saat tugas ke Jogya, aku sempat makan soto daging. Namanya Soto Pak Marto. Lokasinya di jalan S. Parman Jogya atau dekat Tamansari. Warung soto pak Marto ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Makanya sudah banyak pelanggannya. Saat aku makan di sana jam 8 pagi, kulihat sudah banyak orang yang sarapan disana. Ternyata mereka sudah membuka warungnya sejak pukul setengah 6 pagi dan tutup sekitar pukul 4 sore. Menu utama warung ini jelas nasi soto daging. Porsinya tak terlalu besar. Dalam satu mangkuk sotonya selain nasi, berisi beberapa potong daging sapi, serta irisan kul dan taoge. Kuahnya berwarna bening. Rasa kuahnya sedap. Jika Anda suka makan asin dan manis, tinggal tambahkan garam dan kecap. Bila suka sambel, silakan beri sambel yang banyak. Selain soto, mereka juga menyediakan berbagai lauk seperti tempe goreng dan perkedel. Juga tersedia beragam daging antara lain iso, babat, empal, otak dan sebagainya. Babat tersebut dimasak seperti bacam baru digoreng. Jadi rasanya manis. Dimakan bareng soto mantap deh. Silakan mencobanya jika ke Jogya. Selain di Jl. S. Parman, Soto Pak Marto sudah membuka cabang di beberapa tempat seperti di depan JEC, dekat Kridosono, dekat Jombor dan sebagainya.   

Tidak ada komentar: