Jumat, Agustus 27, 2010

Mie Mapan


Jam masih menunjukkan pukul setengah 4 sore. Berarti mesti bersabar sekitar 2 jam lagi dimana bedug Maghrib diperdengarkan sebagai tanda waktu berbuka puasa. Hari ini aku mau buka bersama dengan teman-teman di kantor. Menunya lumayan menarik, kari kepiting buatan teman-teman. Bagaimana rasanya? kita tunggu nanti. Kalau kemarin aku malah berbuka dengan nasi kuning buatan mama. Kebetulan kakakku cewek ultah. Malamnya aku juga ditraktir kakakku makan di Mie Mapan. Mie Mapan lumayan terkenal di Surabaya. Mungkin diberi nama Mie Mapan karena lokasi pertamanya berada di kawasan Rungkut Mapan Tengah Surabaya. Tetapi seiring waktu , sekarang mereka sudah membuka cabang di beberapa tempat seperti di Baratajaya dan di Raya Tropodo. Kemarin aku belinya di Mie Mapan yang ada di jalan raya Tropodo atau depan UFO. Kebetulan kelewatan saja kalau lewat dari rumah kakakku ke rumahku.

Mie Mapan ini memang banyak penggemarnya. Salah satu sahabatku dari Malang saja sering mampir ke warung ini bila main ke Surabaya. Hal ini karena mereka punya beragam menu yang menarik. Mie bikinan mie mapan lumayan enak. Bentuknya sedikit pipih dan tidak tebal. Rasanya gurih. Kita bisa memilih sesuai selera. Ada mi ayam, mi pangsit, mi bakso dan sebagainya. Kuahnya juga nikmat dan terlalu asin.Bakso dan pangsitnya juga lezat. Daging sapinya lunak. Aku malah biasa pesan pangsit kuah. Kulit pangsitnya lembut. Hm uenak. Salah satu andalan mie mapan adalah siomay. Siomay goreng bikinin mie mapan cukup besar, kenyal dan enak. Sebijinya 5500 perak. Kalau mau gorengan komplit, siomay, bakso goreng dan pangsit goreng harganya 9500 perak. Rasanya gurih dan maknyus.

Jika Anda tak suka mie atau bakwan, mereka juga menjual aneka penyet. Ada ayam penyet, bakwan penyet, tempe penyet, telur penyet dan sebagainya. Biasanya mereka menyajikan penyetan ini dengan sambal dan lalapan. Sambalnya pedas dan enak. Manis dan asinnya pas. Tak heran banyak yang ketagihan. Bila kepedesan bisa langsung pesan minum. Mereka jual aneka juice,es kelapa muda, lemontea, es teh dan sebagainya. Asyik kan. Silakan mencobanya.

Tidak ada komentar: