Selasa, Agustus 31, 2010

D'Palm



Selama bulan puasa ini, aku benar-benar menikmati waktu di kantor. Karena biasanya aku biasa menghabiskan setengah bulan di luar kota. Sebenarnya kangen juga berjalan-jalan dari kota ke kota. Bila sedang berkunjung di salah satu kota dan mendapat undangan menghadiri suatu rapat adalah hal yang menyenangkan untuk. Sebab rapat berarti makan-makan kan.hehehe.

Bulan Juni lalu aku juga diundang mesti mengikuti suatu rapat organisasi yang diadakan di kota Bandung. Tempat rapatnya adalah di D'Palm Resto. Alamatnya ada di jalan Lombok Bandung. Meski tak tahu dimana posisi jalan Lombok sebenarnya tapi aku nekat mencaritahu sendiri dengan naik kendaraan umum. Ternyata ada di tengah kota Bandung. D'Palm Resto sendiri merupakan sebuah rumah makan bergaya Sunda makanya mereka memperkenalkan dirinya sebagai DPalm Sundanese Restaurant. Tetapi dilihat penampilannya sudah modern. Selain tempat makan yang terdiri dari beberapa lantai, mereka mernyediakan ruang-ruang khusus yang bisa disewa untuk ruang rapat atau seminar.

Semenjak masuk ke dalam restaurant, di lantai pertama sudah terlihat kolam ikan dengan suara gemericik air. Menyenangkan sekali. Kebetulan aku mesti naik ke lantai 2 karena disanalah ruang rapat yang mesti kudatangi. Sembari menunggu rapat dimulai kami diperbolehkan mengambil snack.  Selain boleh meminum teh atau kopi, kami bisa mengambil jajanan seperti pisang goreng dan berbagai kerupuk. Menarik sekali.

Setelah kami mengikuti penjelasan rapat yang singkat, maka tiba saatnya untuk makan siang. Para peserta rapat dipersilakan masuk ke ruangan lain yang sengaja dipersiapkan untuk menempatkan makanan. Disana telah tersedia beberapa nasi tumpeng. Nasi tumpeng andalan D'Palm restaurant ini ada berapa ragam. Ada nasi tumpeng kuning, nasi tumpeng bogana, dan nasi tumpeng tutug oncom. Kami  bisa memilih dan mencoba mencicipi semua karena panitia sengaja memesan 3 jenis tumpeng tersebut.


Untuk nasi tumpeng kuning, selain nasi kuning, isinya antara lain ayam goreng, gepung goreng, tempe goreng, sambal goreng kentang, dan telur pindang. Jika Anda memilih nasi tumpeng bogana maka isinya antara lain, nasi putih, gepuk goreng, ayam, telur dan tempe masak kari, dan lalap. Sedangkan untuk nasi tumpeng tutug oncom berisi nasi tutug oncom, ayam goreng, ikan asing, cumi masak bumbu merah, dan sambal goreng dpalm.

Kemarin aku sengaja memilih mengambil nasi tutug oncom dengan lauk ayam goreng, ayam masak kari, sambal goreng kentang dan sambal. Rasanya hm yummy. Nasi tutug oncomnya gurih dan pulen. Nasi yang dimasak dengan oncom dan kemangi tersebut enak meski hanya dimakan dengan telur dadar saja. Ayam masak karinya juga lezat. Bumbunya kental dan tak terlalu asin. Ayam gorengnya juga lunak dan nikmat. Begitu juga sambal goreng kentangnya. Pokoknya bisa diulang deh.

Ternyata nasi tumpeng ini merupakan menu khusus untuk even-even tertentu. Jika kita kesana mereka menyediakan berbagai menu andalan yang lain seperti beragam steak (chicken steak, tenderloin steak, sirloin steak dan lain-lain), beragam menu paket yang umumnya berisi menu makanan khas Sunda seperti karedok, pepes, gepuk goreng, dan sebagainya, atau kita bisa memilih menu sendiri seperti nasi tutug oncom, nasi liwet, nasi merah dengan beragam lauk. Yang jelas pasti enak. Minumannya juga bervariasi. Harganyanya jelas bersaing. Selain itu mesti bayar tax juga. Tapi tak ada salahnya kan mencobanya.

3 komentar:

Kang Eko mengatakan...

hallo.....
salam kenal
majukan kuliner majukan cita rasa Indonesia

Yuni Rachmi mengatakan...

Salam kenal juga kang Eko. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Betul, sudah menjadi tugas kita mengangkat kuliner Indonesia agar lebih dikenal masyarakat.

ATNO MOALNGEJAT mengatakan...

saya sebagai juru masak (tumisan) d d'palm sundanese restaurant. terima kasih telah menulis blog ini.