Selasa, Agustus 10, 2010

Dawet Telasih Bu Darmi


Saat berbuka puasa paling nikmat tentunya minum es. Dari beragam es yang dijual, aku lumayan suka dengan es dawet telasih. Sayangnya aku cuma menemukan es dawet telasih yang enak dijual di kota Solo. Namanya Dawet Bu Darmi. Bila ingin minum dawet telasih bu Darmi, kita mesti ke Pasar Gede Solo. Dawet Telasih Bu Darmi ini sudah berdiri sejak lama, sekitar tahun 1930-an. Bu Darmi sendiri sekarang sudah tiada dan yang menggantikan jualan sudah keturunannya. Aku mulai mengenal es dawet telasih Bu Darmi sekitar tahun 90-an. Karena suka makanya aku sering mampir membeli es dawet telasih bu Darmi ini bila kebetulan main ke Solo.



Bulan Juli lalu aku minum es dawet telasih lagi saat tugas ke Solo. Sama seperti biasanya kalau aku datang ke warung dawet bu Darmi selalu ramai pembeli. Pembeli yang tak kebagian tempat duduk, rela minum es dawet sambil berdiri. Beruntungnya kemarin aku dapat bangku di belakang penjualnya sehingga bisa minum es dawet telasih ini dengan nyaman. Dalam semangkuk es dawet telasih ini berisi dawet, telasih, bubur, santan dan es. Karena tak suka bubur maka aku memesan tanpa bubur. Sebagai gantinya aku minta tape ketan hijau. Semangkuk es dawet telasih ini benar-benar kunikmati dengan pelan-pelan. Soalnya enak banget. Tak terlalu manis dan agak asam. Rasa asam ini mungkin berasal dari tape ketannya. Yang jelas suegar sekali. Harga semangkuknya cuma 4500 perak. Wah jadi kangen minum es dawet telasih lagi.   

Tidak ada komentar: