Rabu, Mei 08, 2013

Tips Persiapan Travelling

Travelling adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Alhamdulillah aku bekerja yang di bidang yang membuatku harus sering travelling. Meski lelah tapi aku menyukainya. Beberapa kota dan pulau yang sudah pernah kukunjungi bisa Anda ketahui dari membaca artikel-artikel di blogku. Kebanyakan isinya wisata kuliner. Sebab aku tugas luarkota sembari travelling, dan wisata kuliner yang selalu kusempatin. Kalau yang lainnya belum tentu mengingat kadang jadwal kerjaku di kota yang kukunjungi sangat padat. Bahkan seorang teman pernah mengeluhkan itu karena sulit menemuiku meski aku sedang berada di kota yang sama dengannya. "Sekali-sekali ke sini jangan kerja dong tapi jalan-jalan,". Aku cuma meringis. Ya mau gimana lagi. Selama ini acaranya tour of duty, tugas kantor sembari jalan-jalan. Terkadang ingin juga bisa benar-benar liburan tanpa mikir urusan kantor. Dan biasanya aku hanya mau lakukan itu untuk pulang ke kampung halamanku di Kediri. Tak apa keluarkan ongkos sendiri kalau ke Kediri. Kalau ke kota-kota yang lain, tunggu dulu.

Tapi memang semua itu ada masanya. Sebulan belakangan ini salah seorang sahabat mengajakku travelling di kota-kota yang tak ada hubungannya dengan pekerjaanku. Akhirnya kuputuskan menerima tawaran itu. Tak main-main bukan hanya ke luar kota tapi keluar negeri. Awalnya keluargaku agak khuwatir tapi akhirnya mengijinkan aku pergi traveling ke luar negeri seminggu. Ijin sudah didapat, tinggal persiapan untuk pergi backpackeran ke luarnegeri

1, Pertama yang harus sudah punya adalah pasport.
Jika Anda urus sendiri perlu waktu sekitar 1-2 minggu untuk mengurus pasport. Kalau mau cepat bisa pakai biro jasa. Tapi ya itu tadi, mahaaal. Sayangkan, uangnya bisa dipakai untuk lainnya.Urus pasport sendiri hanya bayar 255 ribu, sedangkan pakai birojasa bisa 3-5 kali lipat.

2. Tentukan tujuan
Anda mesti tentukan kota atau negara mana yang hendak Anda kunjungi. Cari tahu infonya dari internet dan beli buku mengenai negara yang akan Anda kunjungi. Baik tempat wisata, lokasi hotelm transpotasi lokal hingga tempat makan dan karakter masyarakatnya. Sesuaikan tujuan dengan budget Anda. Jangan sampai Anda bisa beli tiket tapi di negeri orang tak bisa makan.

3, Cari Tiket
Kalau Anda merencanakan pergi tahun depan, Anda bisa hunting tiket jauh-jauh hari supaya dapat tiket paling murah. Tapi jika Anda hanya punya waktu sebulan, maka berusaha cari tiket paling murah untuk tanggal pulang dan pergi. Kalau Anda ingin pergi ke Singapura, Malaysia, Thailand, AirAsia dan Mandala sering menawarkan tiket dengan harga promo.

4. Cari penginapan
Sebaiknya Anda cari tahu penginapan di kota yang akan Anda datangi. Sesuaikan dengan budget Anda. Jika Anda pergi sendiri aku saranin lebih baik cari tahu dulu hotelnya daripada Anda kebingungan di negara asing. Saat ini ada beberapa web travel yang tawarkan harga promo untuk hotel. Anda bisa pilih model hotel, hostel, guest house atau dormitory yang akan Anda gunakan. Meski pilih harga murah tapi sebaiknya cari di lokasi yang aman. Daripada Anda paranoid di negeri orang.

5. Cari teman jalan
Kalau Anda ingin jalan-jalan sendiri ke luar negeri tak masalah. Tapi jika pertama kali ke luar ngeri kusarankan ajak teman. Sebab ada yang bisa diajak ambil keputusan dan bicara saat Anda kebingungan mencari jalan, atau transportasi. Tetap lebih enak jalan berdua atau ramai-ramai ke luarnegeri. Walaupun begitu jika Anda ingin bebas sendiri tak masalah. Untuk teman jalan sebaiknya pilih yang sudah Anda kenal dan tahu karakternya, jadi bisa nyambung. Kalaupun kadang ada kekurangcocokan bisa dicari jalan tengahnya.

6. Perlengkapan Travelling
Jika Anda ingin travelling ke luarnegeri sebaiknya sesuaikan dengan budget Anda. Kalau budget Anda banyak memang lebih enak bawa koper yang bisa diseret dan kemana-mana naik taxi. Tapi kalau Anda berencana kemana-mana jalan dan naik kendaraan umum serta, berpindah-pindah kota kusarankan lebih baik bawa tas ransel atau backpack saja. Sebab lebih nyaman dan praktis.
Apasaja yang mesti dibawa saat bepergian ke luar negeri?
1. baju dan celana panjang
2. dalaman
3. baju tidur
4. jaket
5. obat-obatan
6. sepatu kets
7. peralatan ibadah
8. alat tulis dan peta
9. payung

Kalau mau backpackeran, jangan bawa barang terlalu banyak. Sebab Anda akan keberatan jika harus naik turun tangga dan jalan jauh. Lebih baik bawa barang sesuai kebutuhan saja. Ok ayo siap-siap untuk backpackeran ke luarnegeri.

Tidak ada komentar: