Minggu, Februari 14, 2010

Soto Kwali


Ngomongin makanan enak memang di Solo sepertinya tak pernah ada habisnya. Kali ini aku sengaja ingin berbagi cerita mengenai Soto Kwali yang juga merupakan salah satu makanan khas kota Batik ini. Di Solo cukup banyak warung Soto Kwali yang cukup populer seperti di Ledokan Kartasura, Widuran, Pasar Triwindu dan sebagainya. Tetapi aku lebih sering membeli soto kwali di warung Soto Kwali Pak Hardjo. Alasanku memilih tempat ini sebenarnya simpel saja karena lokasinya strategis yaitu jalan Monginsidi/tepat di sebrang pintu masuk stasiun Balapan Solo. Biasanya aku menyempatkan mampir di warung ini bila kebetulan baru turun atau hendak naik kereta api di Stasiun Balapan. Warungnya tak terlalu besar, dan terbuka. Hanya ditutupi keber/spanduk bertuliskan Soto Kwali Pak Hardjo. Ada dua meja panjang dan beberapa kursi yang disediakan untuk pembeli. Sedangkan mereka menyiapkan sotonya dalam gerobak dorong. Saat aku kembali mampir di warung Soto pak Hardjo (2/2) lalu, aku langsung memilih duduk di dekat penjualnya. Aku memesan soto tanpa nasi. Tak berselang lama, mereka menyajikan soto panas kepadaku. Soto ini berbeda dari tempat lain karena isinya benar-benar hanya daging sapi yang diiris tipis. Dalam kuahnya diisi kecambah, rajangan seledri dan bawang goreng. Warna kuahnya bening agak kekuningan. Menurutku rasanya kurang asin. Tapi tak perlu kuatir karena sudah tersedia garam di meja yang bisa kita tambahkan bila kita membutuhkannya. Aku mulai memakan soto ini dengan pelan-pelan karena kuahnya panas dan agak pedas karena aku menambah sambal yang agak banyak. Sambalnya terbuat dari cabe rawit yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Sengaja kuambil lauk tempe goreng kering sebagai teman makan soto. Hm nikmat deh rasanya. Sebenarnya selain tempe goreng kita bisa menambah berbagai lauk lain seperti sate ayam/rempelo ati, sosis, gelantin dan tahu goreng. Biar lebih nikmat  kita bisa ambil kerupuk juga. Semangkuk soto ini hanya dihargai sebesar 5000 perak. Tak mahal kan. Sebagai penutup minum teh panas yang manis. Hm tambah lezat.   

Tidak ada komentar: