Rabu, Maret 07, 2012

Soto Pak Sholeh

Hari ini merupakan hari ke 8 aku tour of duty. Dan Jogya merupakan kota ke 5 yang kukunjungi setelah Jakarta, Bogor, Solo dan Salatiga. Turun dari kereta Madiun Jaya, bukannya jalan-jalan ke Malioboro atau cari tempat makan siang, aku malah ke warnet karena ada kerjaan yang harus segera dikirim ke kantor. Kebetulan nih ada warnet di HOS Cokroaminoto YK yang biasa kukunjungi.

Ngomongin jalan HOS Cokroaminoto Yogya, aku jadi ingat satu tempat makan yang letaknya tak jauh dari sini yaitu soto pak Sholeh. Penggemar soto pasti sudah pernah nyobain soto Pak Sholeh yang berada di kawasan Tegalrejo Yogya ini. Warungnya kuno. Lumayan besar. Jadi bisa muat orang banyak. Aku sudah pernah 2 kali makan soto di sini dengan mbak Cay, sahabat baikku yang tinggal di kota gudeg ini.

Soto pak Sholeh merupakan soto daging. Dengan varian kuah bening mirip soto sejenis di Yogya, Solo atau Semarang. Jangan bayangin seperti soto sulung madura. Sepertinya kuah soto pak Sholeh tak gunakan kunyit, jadi beneran bening. Lalu isinya cuma potongan daging, taoge,kubis, seledri. Jarang terlihat lemak. Kalau Anda penggemar jerohan, tinggal memesan babat, paru, iso/usus sesuai selera. Biasanya jerohan ini dimasak dengan cara dibacem.

Oya pingin tahu rasa soto pak sholeh. Hm enak, gurih. Tapi jika kurang asin ya tinggal nambah garam. Kurang pedes tinggal tambah sambel. Dimakan pakai potongan jerohan yang manis hm tambah mantap deh. Tapi ingat jangan banyak-banyak soalnya bisa kolesterol tinggi nanti. hehehe. Kalau sekali-sekali tak apa-apa kok.

Selain jerohan, kita juga bisa tambah aneka lauk lainnya. Ada kerupuk, tempe,bergedel dan sebagainya. Silakan ambil yang disajikan di meja asalkan jangan lupa membayarnya di kasir. Jika, haus silakan pesan minuman sesuai keinginan. Kalau di Jogya aku jarang pesan es teh. Lebih senang minum es tape hijau atau wedang tape. Rasanya perpaduan manis dan asam. Nikmatlah. Tak percaya silakan coba kalau Anda ke Yogya.Ingat Soto pak Sholeh tidak buka cabang di kota lain.

Tidak ada komentar: