Selasa, Maret 27, 2012

Es Cobra

BIla Anda dalam perjalanan dari Semarang ke Solo atau sebaliknya dan melewati kota Salatiga maka sekali tempo Anda bisa mencoba wisata kuliner di kota ini. Salatiga merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang punya hawa cukup sejuk. Kota ini punya satu universitas yang cukup populer bernama UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) dimana mahasiswanya berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Soal makanan khas Salatiga terusterang mohon maaf aku tak begitu paham. Meski seringkali lewat tapi belum pernah menyusuri kota ini untuk berburu makan khas Salatiga.

Makanya aku tak menyia-nyiakan saat ditawari oleh kantorku untuk mengunjungi salah satu relasi kami di kota Salatiga awal bulan lalu. Dengan menggunakan bus AKAP patas Solo Semarang aku turun di perhentian bis ABC Salatiga. Sebenarnya aku diminta telpon jika sampai tempat ini tapi aku ingin coba jalan sendiri. Aku pun memilih jalan kaki sembari susuri jalan di Salatiga. Ternyata meski udah jauh jalan tak juga sampai hingga aku bertanya pada orang. Akhirnya aku naik angkot no 06 dan turun di depan jalan yang kutuju. Ya aku memang mau ke jalan Kalipengging Salatiga.

Sesudah urusanku dengan relasi beres, ia mengajakku untuk makan siang. Aku dibawanya ke sebuah warung yang tak jauh dari rumahnya yang berada di jalan Kalipengging. Warung Es Cobra begitu orang menyebutnya. Sepertinya kata Es Cobra selalu identik dengan tempat ini. Saat aku menulis status di BB dengan kata Es Cobra, salah satu teman lamaku langsung bbm aku. "Kamu lagi di Salatiga ya". Wow kok tahu. Ternyata Es Cobra adanya cuma di tempat ini. Warung Es Cobra ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Karena temanku, Leny kuliah di UKSW maka familiar dengan tempat ini. "Tanya penjualnya pasti kenal aku, dulu aku kos di belakangnya," katanya sembari tertawa.

Mendengar kata Es Cobra banyak yang bingung. Es Cobra itu kayak apa? Ternyata es cobra itu seperti es campur. Didalamnya berisi cincau, dawet, dan stup buah. Sepertinya disajikan dengan santan, sirup dan susu. Rasanya, mantap. Uenaaaak banget. Perpaduan manis, gurih, asem dan segar. Wis to kalau ke Salatiga mesti coba es cobra ini.

Selain es cobra, mereka menjual aneka minuman dan makanan. Ada es alpukat, es kelapa muda, es asem dan sebagainya. Makanannya juga beraneka ragamnya.  Nasi liwetnya juga enak. Disajikan dengan suwiran ayam, sayur labu siam dan telur serta diberi areh. Agap beda dengan model nasi liwet solo tapi ga kalah enak kok. Selain nasi liwet juga ada lontong opor , nasi pecel, nasi langgi dan sebagainya. Bisa pilih sesuai selera. Harga masih masuk akal.

1 komentar:

Tommy mengatakan...

emang enak .....