Selasa, Februari 14, 2012

Berburu Makanan Khas Tegal di Warma Pi'an

Mencoba berbagai makanan khas Tegal memang sudah jadi bayanganku waktu diundang ke Tegal. Makanya aku langsung bersorak ketika diajak teman-teman di Tegal untuk makan di salah satu warung legendaris Tegal yang bernama Warma Pi'an. Warma Pi'an ini berlokasi di jalan Kolonel Sudiarto Tegal atau tak begitu jauh dari stasiun Tegal. Kalau Anda turun di setasiun Tegal maka cukup jalan kaki saja sudah sampai di warma Pi'an ini.


Masuk ke dalam warung Pi'an ini kulihat ruangannya ditata model warung jaman kuno. Memang warung ini sudah puluhan tahun berdiri. Makanya masih pakai meja panjang dan kursi panjang dari kayu. Kulihat didinding tertera berbagai menu masakan yang bisa kita pilih. Sebut saja ayam goreng, ayam mentega, ayam kare, ayam bakar,sambal trasi dan lalapan, nasi sauto, nasi lengko, nasi daging, sate kambing, tongseng kambing dan sebagainya.

Aku lihat teman-teman sudah mulai memesan makanan sesuai keinginannya. Menu nasi daging, nasi lengko, nasi caisim dan sambal terasi serta sate kambing yang akhirnya mereka pesan. Aku sendiri ikut-ikutan pesan nasi lengko. Sedangkan untuk minumannya es teh. Pingin pesan poci tapi takut ga habis. Karena biasanya sepoci kan cocoknya diminum 2-3 orang.

Tak butuh waktu lama untuk makanan disajikan. Nasi daging itu nasi putih dengan beberapa potong daging yang dimasak hitam kecoklatan, ada sedikit kuahnya mirip kuah rawon tapi tak banyak dan ditaburi bawang merah goreng. Sepertinya sedap. Sayangnya aku ga memesan menu itu. Menyesal.

Lalu nasi lengko yang kupesan muncul. Aku tak bisa bayangin seperti apa nasi lengko itu. Pikirku semacam nasi rames. Ternyata nasi putih yang diatasnya diberi taoge rebus,kol, beberapa potong tahu dan tempe, diguyur bumbu kacang dan diatasinya diberi remesan krupuk mi warna kuning. Hm kayak nasi tahu bumbu kecap atau bumbu tahu lontong tapi tanpa petis ini. Menurutku rasanya biasa banget.
Kulirik caisim rebus dan sambal terasi yang dipesan salah satu teman semeja. Wow sepertinya enak itu. Malu untuk meminta sedikit untuk obat pingin.hiks. Dimakan dengan sate kambing kayaknya enak itu. Wah sayang cuma bisa melihat dan memotretnya saja.
Sebagai camilan, teman-teman memesan tempe mendoan dan sambel kecap. Tapi mereka punya istilah beda untuk sambal kecap ini. Cengis atau apa aku lupa. Enak sekali makan tempe mendoan panas dengan sambal kecap ini. Selain itu mereka juga memesan tahu. Tahu gembrong atau jembrong. Sorry jika salah namanya. Yang pasti tahu tersebut dibumbui dan diberi potongan kucai yang banyak. Rasanya enak dan gurih. Dimakan dengan sambal kecap lebih cocok lagi.
Sehabis puas makan, semua langsung meneguk minuman. Es tehnya disajikan dalam gelas jumbo. Rasanya manis dan segar. Hm rasanya belum ke Tegal kalau belum minum teh deh. Dengar-dengar pisang goreng warma pi'an enak dan biasa jadi oleh2. Berhubung dibayarin, ga bisa pesan deh. Tak apa-apa deh, semoga lain waktu bisa mampir disana lagi.

Tidak ada komentar: