Senin, Februari 20, 2012

Asinan Sayur dan Bir Kocok

Berkali-kali ada urusan ke kota Bogor, aku masih saja belum sempat wisata kuliner keliling kota. Turun kereta api di stasiun Bogor, aku cuma hapal angkot 03 jurusan baranang siang dan kemudian mampir ke Botani Square. Botani Square adalah nama salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kota Bogor. Lokasinya tak jauh dari kampus pasca sarjana IPB, dekat dengan terminal Baranangsiang juga.

Terus terang kadang bingung, mau makan apa di sini. Kemarin aku kembali masuk ke foodcourt yang ada dilantai atas Botani Square. Kupelototi beragam nama menu yang dijual distan stan yang ada di sini. Akhirnya pilihanku jatuh ke salah satu stand. Kedai uleg. Mereka menjual aneka makanan seperti gado-gado, karedok, ketoprak dan sebagainya. Aku coba pilih yang beda dan terdengar agak berbau khas Bogor. Ya akupun akhirnya pilih asinan sayur.

Memang asinan itu salah satu makanan tradisional di Bogor. Tapi biasanya orang memilih membeli asinan buah untuk oleh-oleh. Kalau asinan sayur kayak apa ya? Wow asinan sayur ini disajikan dengan cantiknya. Isinya mentimun yang diiris dan ditata memutari piring. Didalamnya ada irisan taoge, daun selada dan kubis/kol. Semuanya dalam bentuk mentah. Emang orang Sunda suka makan sayur mentah yo.hehehe. Dan untuk pemanis, diatas sayuran ini ditaburi kacang goreng. Pingin tahu bagaimana rasa saus asinannya? hm amat sangat asam dan pedas. Tapi perpaduan sayur mentah, kacang dan kuah asinan ini enak banget. Sayangnya tanpa kerupuk mi, jadi serasa kurang lengkap. Sepiring harganya sekitar 11 ribu perak.

Sebagai teman makan asinan sayur ini, aku sengaja memesan minuman khas Bogor yang bernama bir kotjok di salah satu stan minuman. Beneran baru sekali ini aku dengar nama bir kotjok. Kalau bir pletok yang khas betawi udah pernah dengar. Ternyata bir kotjok ini terbuat dari berbagai bumbu dapur. Yaitu dibuat dari jahe,cengkeh dan kayu manis serta gula aren. Karena cara membuatnya dengan cara dikocok maka ada buihnya. Makanya tampak seperti bir. Dan dinamakan bir kocok. Bir kocok ini sepertinya hanya ada di Bogor. Bisa diminum dalam keadaan panas atau dingin. Rasanya perpaduan manis dan pedas. Tapi enak kok. Segelas harganya 8 ribu rupiah. Ayo dicoba kalau ke Bogor. Ada beberapa tempat pedagang bir kocok yang tersebar di kota Bogor. Silakan mencari.hehhehe

Tidak ada komentar: