Rabu, September 03, 2014

Menemani Backpacker Keliling Kediri

Salah satu kawan baik dari Bandung berkesempatan mampir di kota kelahiran saya Kediri, pertengahan bulan Agustus. Sheiba namanya. Dia sedang mewujudkan impiannya keliling Indonesia naik sepeda motor sendirian. Ia sudah mulai berangkat berkelana sejak hari kedua Lebaran kemarin. Sekarang ia sudah menempuh jarak lebih dari 2500 km dan sudah sampai Lombok. Hebat. Benar-benar seorang travelling sejati. Saya saja yang juga hobi travelling, belum seberani itu. hehehe.
Sheiba sempat 5 hari menginap di rumah saya di Kediri dan berkeliling di Kediri, Tulung Agung dan Trenggalek. Saat saya libur, saya ikut menemaninya keliling kota Kediri. Mulai berwisata kuliner, mi goreng tektek di Kyai Mojo, makan nasi gurih di Untung Suropati hingga makan bakso Barokah di Letjen Suprapto. Juga jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Kediri. Meski lahir dan besar di kota Kediri, saya jarang mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota Kediri.
Lokasi yang kami kunjungi pertama kali adalan Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo. Raja Kediri yang paling terkenal dengan ramalannya itu. Tempat ini paling ramai dikunjungi orang saat ada upacara 1 syuro. Tapi di hari-hari biasa juga ada orang yang berziarah dan berdoa disini. Lokasi tempat ini di desa Pamenang Kecamatan Pagu,sekitar 15 km dari kota Kediri.


Lokasi kedua yang kami datangi adalah monumen simpang lima Gumul. Tempat ini jadi kebanggaan kota Kediri. Bangunan megah ini setinggi 28 m yang terdiri dari 8 lantai.Bentuknya menyerupai L Arch D trimphe di Perancis. Bedanya dioramanya sejarah kediri dalam gedungnya,. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi di akhir pekan, banyak penjual kaki lima yang menjual berbagai makanan khas Kediri.
Dari sini, kami langsung menuju kawasan barat kota Kediri. Sebenarnya banyak tempat wisata yang bisa kami kunjungi seperti Goa Pohsarang, Goa selomangleng, Air Terjun Dolo dll. Tapi bukan tempat itu yang kami singgahi. Kami pergi ke wisata alam Sumber Podang.  Lumayan jauh, dari terminal Tamanan kami naik ke arah barat. Melewati Bukit Daun, Waterpark dan jalanan menanjak baru kami sampai pintu masuk Wisata alam Sumber podang. Dari tempat parkir kami berjalan menuju ke sumbernya. Airnya jernih, senang sekali duduk di bebatuan sambil main air.

u



Puas main air, kami kembali. sebelumnya kami mampir ke salah satu cafe disana. Dari cafe itu kami bisa duduk santai sembari melihat pemandangan sekitar yang hijau dan indah. Menunya bermacam. Kami memesan juice dan kentang goreng. harganya standard. Sabtu siang jadi banyak juga yang nongkrong di sini. Setelah kenyang kami pun pulang. sebenarnya masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi tapi kemarin waktu terbatas. Tak apa sudah senang bisa menemani sheiba keliling Kediri. Sebab belum bisa ikut menemaninya keliling Indonesia.hehehe

Tidak ada komentar: