Selasa, Juni 14, 2011

Wisata Kuliner di Pecenongan

Jakarta punya banyak tempat yang jadi tujuan untuk berwisata kuliner. Bila di malam hari dan berada di kawasan Jakarta Pusat maka tak ada salahnya Anda meluncur ke jalan Pecenongan. Di jalan Pecenongan ini banyak berjejer warung tenda yang menjual aneka masakan. Mulai ayam goreng, nasi goreng, gingga seafood juga dijual. Tapi buat yang muslim Anda mesti hati-hati memilih. Supaya lebih aman cari yang memasang label halal saja.

Sehabis pulang tugas ke Tangerang bulan lalu aku dan temanku, Ari sempat mencoba makan malam di Pecenongan. Kami memilih makan di warung kakilima Seafood 88. Alasannya cuma satu disitu tertulis halal. Kalau yang lain aku agak khawatir. Kami masuk dan memilih menu. Seperti warung kaki lima lainnya, mereka menyediakan beberapa meja dan kursi. Tak terlalu sempit dan sudah ada beberapa orang yang duduk dan makan di situ.

Kebetulan aku lagi ingin makan cumi-cumi. Sedangkan Ari ingin makan sup asparagus. Jadilah kami memesan cumi-cumi masak rica dan sup asparagus serta sepiring nasi putih. Aku membayangkan yang bakal keluar tentu seperti di tempat lain, sepiring kecil cumi dan semangkuk kecil sup. Tapi ternyata salah. Sup asparagusnya disajikan dalam mangkuk besar sekali. Mereka sediakan 2 mangkuk kecil agar kami lebih nyaman memakannya. Wow sup asparagusnya nikmat. Tak terlalu asin. Perpaduan kepiting yang dihaluskan, telur dan daun pre menyatu jadi satu dan bikin lidah bergoyang.

Cumi ricanya juga banyak sekali. Cumi-cuminya digoreng tepung lalu dibumbu rica. Manis dan pedas. Memang lebih cocok dimakan dengan nasi. Yang jelas enak, enak, enak. Tapi sembari makan kami mesti  sediakan uang receh karena beberapa pengamen akan datang menghampiri. Tak apalah hitung-hitung berbagi rejeki. Resiko makan di warung kaki lima. Yang penting makanannya maknyus. Harganya masuk akal.

Tidak ada komentar: