Senin, November 14, 2011

Yoghurt Cisangkuy

Kebetulan pas hari Sumpah Pemuda kemarin aku sedang berada di Bandung. Waktu itu juga bertepatan dengan hari ulangtahun salah satu teman baikku, Sheiba, yang juga tinggal di kota kembang ini. Makanya aku tak menolak saat ia mentraktirku makan siang untuk merayakan ultahnya. Aku ikut saja kemana mau diajak makan. Kami janjian bertemu di depan Gedung Sate atau lapangan Gasibu. Seingatku ia berpesan agar aku naik angkot dan turun di lapangan yang banyak tangga-tangganya.

Dari kawasan Pasir Kaliki aku naik angkot menuju ke tempat tersebut. Saat melewati lapangan yang ada tangga-tangganya aku langsung minta supir angkot jurusan Ciroyom-Cicaheum menepikan kendaraannya dan membayarnya. Langsung aku toleh toleh mencari Sheiba, kok ga ada. Kutelepon dia dan bilang ada di jalan Dipati Ukur di depan lapangan yang banyak tangganya. Gubrak. Ternyata aku salah. Itu bukan lapangan Gasibu. Terpaksalah Sheiba menjemputku disitu dan membawaku ke tempat makan yang dekat dengan Gasibu.  

Aku baru tahu ternyata diajak jajan ke tempat makan yang cukup dikenal di Bandung yaitu Yoghurt Cisangkuy. Namanya aku sudah sering dengar tapi tempatnya baru tahu hari itu. Lokasinya memang di jalan Cisangkuy atau di dekat taman Lansia (moga ga salah namanya.hehehe). Dari luar tempatnya terlihat menarik. Sebuah rumah dengan arsitektur kuno Belanda yang diubah menjadi cafe. Pengunjung bisa memilih untuk duduk di teras atau di halaman. Di halaman rumah pengunjung bisa duduk nyaman di kursi-kursi yang ditata rapi. Suasananya sejuk karena di bawah pohon-pohon yang rindang. Tapi kalau musim penghujan siap-siap lari sebab pasti basah kuyup jika tiba-tiba turun hujan.

Kedai Yoghurt Ciasangkuy ini sudah berdiri sejak sekitar tahun 1969. Dan jadi tempat wisata kuliner yang sering dituju para penggemar kuliner baik dari kota kembang maupun luarkota. Jam bukanya mulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Saat aku datang jam masih menunjukkan pukul 10 pagi makanya belum terlalu ramai. Tapi agak siang sedikit sudah penuh diserbu para karyawan kantor dan mahasiswa yang ingin makan siang sembari minum yoghurt.

Jika ingin memesan yoghurt kita mesti masuk bagian dalam cafe. Aku masuk ke dalam cafe untuk memesan minumannya. Ada beragam jenis minuman yang ditawarkan. Yang pasti yang utama yoghurt dengan beraneka rasa. Bisa pilih yang kental atau tidak. Yang kental rasanya lebih asem, jika yang tidak/juice lebih manis. Aneka rasa buah mulai anggur, stawbery, jeruk, melon, mocca, vanila dan sebagainya bisa dipilih sesuai keinginan.

Kemarin aku coba minum yoghurt yang rasa strawbery, hm mantap. Lebih terasa asam daripada manis.  Penampilannya di gelas juga tampak menarik karena tampak sirup di bawah dan yoghurt di atasnya. Minumnya mesti diaduk dulu biar terasa lebih mantap. Perlu diketahui yoghurt ini terbuat dari fermentasi susu. Sangat cocok untuk yang sedang diet.

Sebagai teman minum yoghurt, Anda bisa memilih bermacam kue yang dijajakan mulai ote-ote atau bala-bala, martabak hingga bolen dan kue-kue juga ada. Jika lapar Anda bisa memesan nasi goreng , soto Bandung dan sebagainya. Tetapi Anda boleh juga memesan jajanan kakilima di depan kedai yoghurt ini untuk dimakan sebagai teman minum yoghurt. Ada penjual siomay baso tahu dan sate yang berada di depan cafe ini. Jadi asyik deh pokoknya. Harganya juga masih terjangkau semua. Pokoknya enak deh dan layak dicoba jika ke Bandung. Dengar-dengar yoghurt cisangkuy sudah buka cabang di beberapa tempat yang lain. Ayo datangi lokasi terdekat dan rasakan sensasinya.

Tidak ada komentar: