Jumat, Oktober 21, 2011

Rujak Es Cream Pakualaman

Musim panas kali ini memang sangat panjang. Apalagi di Surabaya. Kami sering iri bila mendengar kota-kota lain sudah diguyur hujan. Sedangkan mendung pun seakan masih enggan muncul di Surabaya. Bisa dibayangkan seperti apa panasnya Surabaya. Udah panas, gerah pula. Makanya jika tak penting-penting amat, orang ogah keluar rumah atau kantor. Semua berdoa agar listrik tak padam supaya bisa menikmati hawa dingin dari AC atau kipas angin.

Jika sudah musim panas begini, kami selalu ingin minum es melulu. Tak peduli mau es teh, es campur, es degan, es juice. Semua tak bakal ditolak. Coba saat ini aku sedang berada di Jogya pasti bisa mencoba salah satu menu es favoritku yaitu rujak es cream. Di Jogya menu rujak es cream sudah cukup populer. Di beberapa tempat sudah banyak yang menjual menu minuman ini.

Salah satu penjual rujak es cream yang jadi rujukan banyak orang di Jogyakarta adalah yang berada di alun alun Pakualaman Jogyakarta. Di pinggir alun-alun Pakualaman Jogya memang berderet penjual makanan dan minuman. Di pojok utara ada warung "Rujak Es Cream Pak Sony".  Kita bisa minum di kursi dan meja yang sudah disediakan di sana. Bila lapar tinggal pesan bakso atau gado-gado pada pedangan lainnya sebagai pelengkap minum rujak es cream.

Rujak es cream merupakan perpaduan rujak dan ice cream. Ice creamnya adalah ice cream tradisional yang lebih mirip es puter yang suka dijajakan di kota-kota kecil. Rujaknya merupakan rujak buah yang diserut dan diberi bumbu gula jawa. Bisa disajikan pedas atau tidak pedas sesuai selera. Nantinya saat penataan dalam mangkuk, rujak serutnya ditaruh dibawah, ice creamnya ditaruh diatas. Rasanya mantap. Manis, asam , pedas dan segar. Benar-benar bikin ketagihan. Harganya juga masih murah. Beberapa bulan lalu seporsi rujak ice cream masih seharga sekitar 3000 perak. Entah sekarang sudah naik atau belum. Tapi yang pasti layak dicoba jika Anda ke Jogya.

Tapi kini sudah mulai ada penjual rujak es cream di kota-kota lain. Aku udah pernah melihat ada penjual rujak ice cream di sekitar kawasan Gayungsari/dekat Masjid Agung Surabaya. Selain itu bagi warga sekitar Kediri yang ingin mencobanya bisa membeli rujak ice cream di jalan HOS Cokroaminoto Kediri (timur pasar Pahing/depan ponpes LDII). Ayo siap-siap membelinya. 

Tidak ada komentar: